25 radar bogor

Bima Arya Percayakan Tujuh Anak Muda Ini Jadi Lurah, Siapa Saja?

Pelantikan
Suasana pelantikan pejabat di lingkungan Pemkot Bogor oleh Walikota Bogor Bima Arya di kawasan Stasiun Bogor, beberapa waktu lalu. Nelvi/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Ada yang berbeda dari kebijakan birokrasi Wali Kota Bogor, Bima Arya.

Di sela seremoni proses rotasi dan mutasi Aparatur Sipil Negara (ASN) Kamis (20/6/2019), Bima melantik tujuh anak muda yang di plot sebagai pimpinan kelurahan.

Antara lain Kelurahan Panaragan, Pabaton, Sempur, Sindangsari, Sukasari, Bantarjati dan Batu Tulis.

Bima menjelaskan, alasan penempatan tujuh lurah muda di kelurahan-kelurahan strategis.

Menurutnya, diperlukan pemimpin yang berstamina dan kemampuan komunikasi yang luwes dengan semua pihak. Sebab, dia ingin akselerasi dijalankan juga hingga tingkat bawah.

Disamping itu, Politisi PAN ini juga ingin mengkader generasi muda ASN Kota Bogor untuk menjadi birokrat yang tangguh. Karena telah memahami persoalan di lapangan.

“Muatannya lebih pada pembinaan, pengkaderan, saya ingin mereka nanti menjadi kepala dinas yang tangguh, punya bekal di lapangan, jadi tidak hanya di satu dinas terus menerus, kita harap mereka menjadi motor perubahan Bogor di wilayah masing-masing,” jelasnya disela-sela pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator, Pengawas, dan Pejabat Fungsional di Lingkungan Pemerintah Kota Bogor yang dilangsungkan di halaman Stasiun Besar Bogor, Kamis (20/6/2019).

Selain itu, ada tiga camat posisi baru, terdiri dari dua camat baru, satu camat lama bergeser yang dilantik.

Bima meminta kepada para camat dan lurah yang baru dilantik untuk bekerja dengan satu prinsip dimana atasannya merupakan Walikota tetapi Tuan-nya adalah warga. “Karena kita adalah pelayan warga,” tegas dia.

Selain itu, Bima juga meminta agar para camat dan lurah untuk bekerja dengan hati dan cepat.

Dia tidak ingin ada persoalan menumpuk lantaran pimpinan wilayahnya tak responsif.

Karena baginya camat dan lurah adalah Walikota di wilayahnya masing-masing.

“Jangan sampai persoalan menumpuk karena tidak direspon dengan cepat,” tuturnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat menambahkan, sebagai pelaksana kebijakan publik, maka memberikan pelayanan terbaik kepada warga adalah suatu kewajiban. N

amun tentu para lurah maupun camat agar memahami aturan dan regulasi yang berlaku. Sehingga menjadi bekal dalam melayani warga.

“Bagi para lurah baru jadilah suri tauladan atau contoh yang baik untuk kepentingan semua, mulai dari sikap, perilaku dan yang lainnya. Termasuk juga belajar untuk bijak dan belajar memahami berbagai permasalahan dalam rangka mencari solusinya,” ucap dia.

Sementara itu, Lurah Panaragan Abdul Manan Tampubolon mengaku akan belajar dari para lurah yang telah memiliki banyak pengalaman di lapangan. Termasuk lurah sebelumnya di wilayah yang saat ini dia pimpin.

“Sesuai arahan Pak Wali kita harus belajar dari para senior, mulai dari ilmu, pengalaman dan kebijakan, setelah itu saya akan melihat kondisi di lapangan seperti apa dengan menanyakannya langsung kepada lurah sebelumnya,” jelas Manan.

Sementara, Lurah Sempur Marissa menegaskan bahwa akan meneruskan program yang selama ini sudah berjalan dengan baik di Kelurahan Sempur. Khususnya program prioritas naturalisasi Ciliwung. “Utamanya program Naturalisasi Sungai Ciliwung,” tambahnya. (gal/c)

7 Lurah Baru Dilantik :

– Abdul Manan Tampubolon menjadi Lurah Panaragan, sebelumnya Kasubag Publikasi dan Berita Humas dan Protokol.

– Andry Sinar Wahyudianto menjadi Lurah Pabaton, sebelumnya Kasubag Protokol Humas dan Protokol

– Marrisa menjadi Lurah Sempur, sebelumnya Kasi Pengembangan Sumberdaya dan Peningkatan Kapasitas Personil Satpol PP

– Eka Deri Rahmat Irawan menjadi Lurah Sindangsari, sebelumnya Kasi Pengamanan dan Pengawalan Satpol PP

– Dicky Iman Nugraha menjadi Lurah Sukasari, sebelumnya Kasubid Pengolahan Data Bapenda

– Dheri Wiriadirama menjadi Lurah Bantarjati, sebelumnya Kasubid Pendataan, Penilaian Pajak Bumi dan Bangunan P2 dan BPHTB Bapenda

– Citra Widya Lestari menjadi Lurah Batutulis, sebelumnya Sekretaris Kelurahan Kedung Jaya.

Tiga Camat Baru Dilantik

– Camat Bogor Selatan dipimpin oleh Atep Budiman yang sebelumnya menjabat Camat Bogor Utara.

– Camat Bogor Utara dipimpin oleh Rahmat Hidayat yang sebelumnya menjabat Kepala Bagian (Kabag) Administrasi Pembangunan (Adbang) pada Sekretariat Daerah (Setda)

– Camat Bogor Timur dipimpin oleh Abdul Wahid yang sebelumnya menjabat Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Bogor Tengah.