25 radar bogor

RESMI! Inilah Pelatih Baru AC Milan

AC Milan.

JAKARTA-RADAR BOGOR, AC Milan resmi menunjuk Marco Giampaolo sebagai pelatih baru menggantikan Gennaro Gattuso. Mantan juru taktik Sampdoria ini menjadi pelatih ke-60 sepanjang sejarah klub.

Milan mengumumkan penunjukan Giampaolo sebagai pelatih melalui laman resmi klub. Pria 51 tahun itu dikontrak Rossoneri selama dua tahun dengan opsi perpanjangan satu musim.

Giampaolo yang sebelumnya menangani Sampdoria baru efektif menjabat sebagai allenatore Rossoneri mulai 1 Juli 2019 mendatang. Di Milan, Giampaolo diyakini akan menerima bayaran senilai 2 juta euro atau sekitar Rp32 miliar per musim.

Dengan demikian Giampaolo tercatat sebagai pelatih ke-60 Milan sepanjang sejarah klub. Milan sendiri sering gonta-ganti pelatih sejak kepergian Massimiliano Allegri pada 2014 silam.

Sebelumnya, Milan sempat dilatih Gattuso, Vincenzo Montella, Christian Brocchi, Sinisa Mihajlovic, Filippo Inzaghi, Clarence Seedorf, hingga Mauro Tassotti.

Gattuso didepak dari kursi pelatih Milan pada akhir musim lalu setelah hanya membawa Rossonet finis kelima di Serie A. Kini Giampaolo dibebankan mengembalikan kejayaan klub sekota Inter Milan itu.

Giampaolo sebenarnya masih terikat kontrak dengan Sampdoria hingga 2020. Tapi ia memutuskan untuk mengakhiri kerjasama dengan Il Samp demi pindah ke Sansiro.

Adapun pencapaian Giampaolo sebagai pelatih Sampdoria adalah 49 kali menang, 26 imbang dan 48 kali kalah dalam 123 pertandingan selama tiga musim.

Sebelum Sampdoria, Giampaolo sudah melatih beberapa klub di Italia. Termasuk di antaranya adalah Cagliari, Catania, Brescia dan Empoli.

Para Milanisti boleh berharap tim favoritnya akan menampilkan sepak bola indah nan mnenyerang musim depan di bawah asuhan Giampaolo. Pasalnya, pelatih baru ini identik dengan gaya sepak bola menyerang dengan penguasaan bola yang baik. Ia biasanya menggunakan formasi 4-3-1-2. (Pojoksatu/ulfah-magang)