25 radar bogor

PPDB Buat Permintaan Legalisir Dokumen di Disdukcapil Meningkat

Petugas Disdukcapil Kota Bogor melayani para warga yang memohon legalisir dokumen. (Nelvi/Radar Bogor)

BOGOR-RADAR BOGOR, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) membuat permohonan legalisir dokumen di Disdukcapil Kota Bogor meningkat. Hal tersebut diungkapkan Kepala Disdukcapil Kota Bogor Dody Ahdiat.

“Permintaan legalisir jauh meningkat pada momen pendaftaran sekolah saat ini, mungkin untuk keperluan sebagai persyaratan masuk SMA, karena sepengetahuan saya untuk SD dan SMP tidak memerlukan persyaratan berkas yang perlu dilegalisir,” katanya kepada Radar Bogor, kemarin.

Diserbu Ribuan Pemohon Legalisir Dokumen, Disdukcapil Kota Bogor Kewalahan

Kendati demikian, Dody menuturkan, pihaknya sudah mengantisipasi lonjakan pemohon yang tinggi. Untuk menghindari antrean yang panjang, pihaknya menambahkan dua loket pelayanan legalisir yang sebelumnya hanya satu loket.

“Apapun yang dibutuhkan oleh warga selama itu sesuai dengan data yang ada di kita, ya kita layani dengan baik. Melihat membludaknya antusiasme dari warga, kita tambah loket pelayanannya menjadi tiga dan menambahkan pejabat khususnya kasi, untuk mentandatangan. Bahkan dihari sabtu kemarin kami tetap buka untuk melayani,” ungkapnya.

Menyikapi hal tersebut, KCD Wilayah 2 Kota Bogor-Depok, Dadang Ruhiyat menuturkan, sosialisasi mengenai persyaratan berkas calon peserta didik baru dalam prorgam PPDB SMA atau SMK yang mesti dilegalisir sudah dilakukan pihaknya dan Dinas Pendidikan dari jauh-jauh hari.

“Masyarakat dalam hal ini orang tua calon PPDB sudah membaca dan mendengar bahwa kegiatan dalam PPDB itu harus dilegalisir. Jadi kalau sekarang pada saat waktu mendekati bahkan sudah pembukaan pendaftaran baru mensiasatinya, wajar saja terjadi pembludakan pemohon legalisir di Disdukcapil.  Padahal kami itu sebelum puasa sudah mulai bergerak mensosialisasikan,” jelasnya kepada Radar Bogor kemarin.

Sistem Zonasi PPDB SMA Jadi Prioritas, Ini Cara Mengecek Jarak dari Rumah ke Sekolah

Dadang menghimbau, kepada masyarakat khususnya para orang tua untuk lebih menyikapi dan mempersiapkan segala persyaratan dari jauh-jauh hari.