25 radar bogor

Persebaya Sudah Ajukan Tawaran untuk Rekrut Kembali David da Silva

David da Silva berpeluang kembali berkostum Persebaya (Official Persebaya)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Peluang David da Silva kembali berseragam Persebaya Surabaya terbuka lebar. Pasalnya, manajemen Green Force – julukan Persebaya, sudah mengajukan penawaran resmi untuk membawa pulang striker asal Brazil itu.

Agen Da Silva, Antonio Teles membenarkan hal itu. Dia bahkan sudah menerima sodoran transfer dari Persebaya untuk Da Silva. “Sudah ada (tawaran dari Persebaya),” terang agen asal Brasil itu kepada Jawa Pos. Artinya, kans Da Silva pulang ke Surabaya cukup besar. Sebab, Teles mengaku kliennya itu memang ingin kembali membela Green Force.

Meski begitu, Da Silva belum memberi jawaban. Sebab, tawaran tak hanya datang dari Persebaya. Tapi juga dari beberapa tim luar negeri. Terlebih, tawaran pindah ke Persebaya itu memang tak harus diputuskan dalam waktu dekat. “Karena memang tawaran itu untuk bursa transfer putaran kedua,” tambah Teles.

Kemungkinan bursa transfer kembali dibuka pada Agustus nanti. Praktis, masih ada waktu dua bulan bagi Teles dan Da Silva untuk menentukan langkah. Manajemen Persebaya paham akan hal itu. Mereka bahkan memilih bersabar soal kemungkinan kembalinya Da Silva. “Ya ditunggu saja,” kata Candra Wahyudi, Manajer Persebaya.

Apalagi, saat ini slot pemain asing di Persebaya memang sudah penuh. Artinya, harus ada satu pemain asing yang terdepak jika Da Silva kembali pulang. Nah, jika menilik posisi, kemungkinan Amido Balde yang menjadi korban. Sebab, keduanya merupakan striker murni. Terlebih, performa Balde di Liga 1 2019 juga belum terlihat.

Itu karena pemain 27 tahun itu lebih banyak berkutat dengan cedera. Striker Guinea-Bissau itu bahkan baru turun selama 28 menit saat melawan Kalteng Putra (21/5). Statistik yang kurang meyakinkan itu jelas membuat posisi Balde terancam. Terlebih, Balde juga sempat mendapat hujatan dari Bonek usai Green Force hanya bermain 1-1 kontra tim Liga 3, PSID Jombang (16/6), dalam laga uji coba.

Candra tak menampik seluruh performa pemain Persebaya memang terus dipantau oleh manajemen. Termasuk juga performa Balde yang belum oke. “Semua pemain kami evaluasi. Bukan hanya pemain, semua bagian dari tim pasti akan terus kami evaluasi,” tambah pengganti Chairul Basalamah itu.

Terdekat, Green Force akan menghadapi Madura United dalam leg pertama Piala Indonesia 2018-2019, Rabu (19/6). Kondisi fisik Balde juga sudah mulai membaik. Kemungkinan, mantan pemain Celtic FC bisa diturunkan dalam laga tersebut setelah absen pada dua laga Green Force sebelumnya. (JPG-ulfah magang)