25 radar bogor

LRT Masuk Kota Bogor, Pemkot Siapkan Infrasturktur Pendukungnya

LRT Jabodebek
LRT Jabodebek
LRT Jakarta sudah resmi beroperasi dan siap melayani warga.

BOGOR-RADAR BOGOR, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menggelar forum sebagai antisipasi pelaksanaan pembangunan infrastruktur yang menjadi program Pemerintah Pusat.

Usai giat yang dihelat di ruang Paseban Sri Bima, Balaikota tersebut, Dedie menuturkan, bentuk antisipasi tersebut dilakukan guna mempersiapkan kebutuhan dan dampak dari adanya rencana pembangunan sejumlah infrastruktur di Kota Bogor dari Pemerintah Pusat.

Ada tiga rencana pembangunan infrastruktur milik pemerintah pusat yang akan dilakukan di Kota Bogor. Salah satunya, kata Dedie, seperti yang diketahui bahwa dalam waktu dekat Pemerintah Pusat akan melaksanakan program pembangunan LRT.

“Ada beberapa program pusat yang masuk ke Kota Bogor, terkait dengan LRT, karena ide LRT ini akan merubah seluruhnya. Jadi kalau ini masuk wajah Kota Bogor kan berubah, maka saya menginternalisasi apa yang sudah kita lakukan pembicaraan di tingkat Pemerintah Kota Bogor dengan Pemerintah Pusat,” katanya kepada Radar Bogor.

Selain program LRT, sambung Dedie, program pembangunan terminal tipe C juga menjadi sorotan Pemkot Bogor. Saat ini, Kota Bogor harus kembali mempersiapkan terminal tipe C untuk angkutan umum dan terminal dukungan.

“Itu kan harus kita pikirin akibat dari kebijakan pusat yang sampai dengan saat ini sudah mendekati final,” singkat Dedie.

Dedie menambahkan, hal yang juga menjadi sorotan Pemkot saat ini adalah rencana program Pemerintah Pusat terkait PT KAI yang akan mendirikan double track lintas Bogor -Sukabumi.

“Pemerintah Pusat akan merealisasikan double track Bogor Sukabumi, berapa ribu orang itu yang harus direlokasi. Oleh karena itu kita harus mempersiapkan, karena tidak bisa begitu timbul gejolak, baru kita antisipasi, tidak begitu,” ucapnya.

Lebih dalam Dedie mengungkapkan, bahwa dalam proses pembangunan tersebut akan ada konsekuensi yang harus dihadapi Pemkot Bogor.

Maka, saat ini pihaknya sedang melakukan persiapan-persiapan guna menyikapi adanya rencana program pembangunan milik Pemerintah Pusat.

“Jadi kita sudah tau pusat programnya apa saja di Bogor ini, kita mesti persiapkan. Tiga rencana tersebut dikembangkan teman-teman di Pemerintah Kota harus antisipasi terlebih dahulu,” tukasnya. (cr2/c)

Tiga Pembangunan Infrastruktur Pemerintah Pusat di Kota Bogor :

  1. Light Rail Transit (LRT)
  2. Terminal Tipe C
  3. Double track lintas Bogor-Sukabumi