25 radar bogor

Jalanan Menuju Pasar Leuwilang Rusak Parah, Pengendara Motor Kerap Terjatuh

Kondisi jalan menuju Pasar Leuwiliang yang rusak parah. Hendi/Radar Bogor

LEUWILIANG-RADAR BOGOR, Akses jalan masuk menuju Pasar Leuwiliang, tepatnya di Desa Leuwiliang, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor rusak parah.

Tidak sedikit pengendara motor yang terjatuh ketika melintas jalan tersebut.

Pjs Kepala Desa Leuwiliang Ivan Pramudia mengatakan, sudah lama akses jalan masuk ke pasar itu rusak.

Setiap tahunnya warga selalu mengusulkan perbaikan Jalan Lingkar Pasar Leuwiliang melalui musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat desa maupun dimasukkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) tetapi tak ada realisasi untuk pembangunanya.

“Jika turun hujan, jalanan itu berubah seperti kolam ikan. Padahal jalan tersebut sangat vital karena salah satu fasilitas warga terutama untuk ke pasar,” katanya.

Menurut Ivan, sampai sekarang dari pemerintah belum ada pembahasan untuk memperbaiki jalan tersebut. “Ba­nyak juga warga datang ke desa mempertanyakan kapan jalan lingkar pasar tersebut akan segera dibangun,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala UPT Jalan Wilayah Leuwiliang Asmandilah menjelaskan, bahwa jalan tersebut tidak ditangani oleh UPT melainkan pengelola pasar karena masuk area perekonomian.

“Kita tidak tangani, yang menjadi tanggungjawab kita hanya jalan betonisasi arah Desa Leuwiliang, dan kalau pengelola pasar mau bangun harus membikin surat pengajuan kepada bupati,” jelasnya.

Ketika dikonfirmasi, Kepala Pasar Leuwiliang tidak dapat dihubungi melalui telpon selulernya.(nal/c)