25 radar bogor

Usai Lebaran, Pencari Kerja Serbu Bogor Timur

Para pencari kerja antre untuk membuat SKCK di polsek.

CILEUNGSI-RADAR BOGOR, Pasca libur lebaran, pencari kerja (pencaker) menyerbu sejumlah Polsek di wilayah Bogor Timur (Botim) Kabupaten Bogor untuk membuat SKCK sebagai syarat melamar kerja. Membeludaknya jumlah pencari kerja pasca lebaran, karena wilayah ini manjadi salah satu pusat industri di Kabupaten Bogo.

Sejak beberapa hari lalu, permohonan pembuatan SKCK mengalami peningkatan signifikan. Seperti yang terpantau di Polsek Cileungsi, Polres Bogor. Jumlah warga yang membuat SKCK membludak hingga dua kalilipat.

Kapolsek Cileungsi, Kompol Asef Fajar menuturkan pasca lebaran rata-rata ada 50 hingga 60 warga yang ingi membuat SKCK. “Ada peningkatan. Biasanya hanya 20-30 pemohon. Pasca libur lebaran ini meningkat dua kali lipat,” ujarnya kepada radarbogor.id, Jumat (14/6/2019).

Dia menjelaskan, peningkatan pembuatan SKCK ini sebagai syarat melamar kerja. “Kemarin kan libur. Makanya, baru sempat sekarang-sekarang ini. Kebanyakan permohonan SKCK untuk persyaratan kerja,” jelasnya.

Membeludaknya warga yang ingin membuat SKCK ini juga terjadi di Polsek Gunungputri, Polres Bogor. Para pencari kerja ini nampak antre untuk membuat SKCK sejak pagi hari.

Mulyana Permana (29) misalnya. Dia sudah datang ke Polsek Gunungputri sejak pukul 08:00 WIB. “Saya sepertinya kurang pagi, karena sudah ada yang antre,” ujarnya kepada radarbogor.id, Jumat (14/6/2019).

Hal serupa dilakukan Ayu Yuniarti (23). Wanita Desa Wanaherang, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor ini juga datang sejak pukul 09:00 WIB untuk membuat SKCK. “Biasanya gak serame ini. Tapi gak apa-apa. Buat syarat kerja dan harus beres hari ini,” tutur wanita berhijab itu.

Sementara itu Kapolsek Gunungputri, Kompol Yudi Kusyadi mengatakan, peningkatan pembuatan SKCK di Polsek Gunungputri sudah terjadi sejak dua hari lalu. “Sampai sekarang masih banyak. Jumlahnya meningkat 200 persen. Biasanya hanya 10 orang perhari, sekarang sampai 50 orang lebih,” tukasnya.(all/c)