25 radar bogor

Helaran Seni Budaya Hari Jadi Bogor Undang 6 Daerah Lain

BOGOR-RADAR BOGOR, Helaran Seni Budaya dalam memperingati Hari Jadi Bogor (HJB) ke-537 akan digelar Minggu, 30 Juni 2019.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, pada Helaran tahun ini panitia mengundang 6 daerah kota/kabupaten di Jawa Barat untuk berpartisipasi memeriahkan acara tahunan tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor, Shahlan Rasyidi mengungkapkan, pihaknya telah mengundang 6 daerah kota/kabupaten di Jawa Barat.

“Dari 6 daerah tersebut yang sudah siap diantaranya, Sumedang, Kabupaten Bogor, Cimahi dan Kabupaten Cianjur. Sementara untuk daerah lainnya, seperti Sukabumi, Indramayu masih menunggu kepastian dan diperkirakan tanggal 20 Juni sudah ada kepastian semua daerah yang akan ikut berpartisipasi,” katanya, Kamis (13/06/2019).

Shahlan menyebutkan, setiap daerah pada acara Helaran nanti akan menampilkan keseniannya masing-masing. Kesenian yang akan ditampilkan tentunya tidak sama dengan yang pernah ditampilkan sebelumnya. Dirinya berharap daerah yang belum pernah ikut menampilkan keseniannya tahun ini bisa ikut berpartisipasi.

Sedangkan terkait jumlah daerah yang diundang Shahlan menuturkan hal ini berkenaan dengan anggaran. Kemampuan Kota Bogor  hanya mampu mengundang 6 daerah. Itupun sebelumnya dilakukan negosiasi terlebih dahulu.

Sementara untuk setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada Helaran tahun ini akan menampilkan sesuatu yang berbeda. Setiap OPD yang mengikuti Helaran diharuskan mengenakan pakaian adat. Pakaian adat ini untuk menggambarkan Bhineka Tunggal Ika, yakni melambangkan kegotongroyongan atau guyub.

“Jadi tidak hanya mengenakan pakaian adat Jawa Barat saja tetapi se-nusantara. Ini juga menggambarkan kebersamaan,” ujarnya. (Humpro :Tria/Indra-SZ)