Beranda Berita Utama

Buang Sampah di Jalan Raya Bogor, Enam Warga Depok Kena OTT

ilustrasi buang sampah sembarangan.

DEPOK-RADAR BOGOR, Hingga akhir Maret, Satgas Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok berhasil melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap enam oknum warga yang membuang sampah sembarangan di Jalan Raya Bogor, Kota Depok.

“Hingga Maret sudah ada enam oknum warga Hanya dengan melakukan penangkapan oknum warga itu yang membuat mereka jera, pasti malu karena kena proses tindak pidana ringan,” jelas Kepala Bidang Kebersihan DLHK Kota Depok, Iyay Gumilar kepada Radar Depok, Selasa (11/6).

Sebelumnya, DLHK telah melakukan sejumlah upaya untuk mengantisipasi oknum warga yang membuang sampah sembarangan dan lokasi tersebut bersih, seperti menaruh pot bunga serta spanduk larangan dan sanksi bagi pelaku pembuang sampah sembarangan.

“Pesan juga disematkan agar warga merasa tersinggung ketika buang sampah. Mereka yang berhasil kami amankan, mengikuti sidang Tipiring (Tindak Pidana Ringan.red),” tegasnya.

Iyay menambahkan, sebelum matahari terbit pesapon dari DLHK Kota Depok selalu turun ke jalan untuk mengangkut setiap sampah yang berserakan di sepanjang jalan tersebut.

“Petugas selalu angkutan sampah di sana setiap pagi. jadi buat warga yang suka buang sampah sembarangan untuk hati hati karena setiap petugas selalu pantau dan siap ditangkap apabila kedapatan buang sampah sembarangan,” beber Iyay.

ketegasan yang dilakukan DLHK dalam mengantisipasi setiap pelaku buang sampah agar Kota Depok mendapatkan kembali piagam adipura yang selama telah diperoleh dan di pertahankan

sebelumnya, keberadaan sampah yang berserakan hingga badan jalan menjadi pemandangan yang kerap dilihat warga dan pengendara saat melintas di KM 39 Jalan Raya Bogor, tak jauh dari pertigaan Kostrad, Cilodong, Depok.

“Mungkin karena gelap, jadi yang buang nggak kelihatan siapa. Kalau minggu memang nggak dibersihin sama petugas karena mereka libur,” ucap penjualan ban dan velg mobil, Ucok.

Hampir 50 meter sampah berserakan hingga ke badan jalan. Tak hanya itu, sampah juga sudah menjalar ke area sungai yang menjadi pembatas jalan tersebut. Padahal, tiap harinya satgas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, berupaya terus membersihkan sampah.

Isi sampah diduga berasal dari sampah rumah tangga, sebab di dalam kantong plastik yang berukuran besar terdapat sejumlah kebutuhan rumah tangga, seperti detergen, sampah dapur, botol sampo, dan masih banyak lagi.

“Coba kasih lampu pasti yang suka buang sampah nggak berani. Mereka akan terus buang karena ada yang bersihin. Jadi sudah kaya TPS disitu,” tandasnya.(arn)

Baca Juga