25 radar bogor

Diterima Dua Kubu, JK Diusulkan Jadi Mediator Jokowi-Prabowo

Wapres Jusuf Kalla aklhirnya didapuk menjadi Ketua Penasihat Tim Pemenangan Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019. (jpnn/Jawa Pos)

JAKARTA-RADAR BOGOR,Menurut dia, pertemuan Jokowi dan Prabowo sangat penting. Silaturahmi kedua tokoh akan memengaruhi psikologi massa, khususnya pendukung kedua paslon. Pertemuan diharapkan akan meredam ketegangan di masyarakat.

Mu’ti meyakini bahwa pertemuan itu akan menenangkan rakyat. Apalagi sampai ada kesepakatan politik atau mungkin tausiah politik bersama yang disampaikan kedua pihak. Pertemuan tersebut juga diharapkan bisa memperbaiki kondisi kebangsaan karena gesekan setelah Pemilu 2019. ”Diakui atau tidak, gesekan itu cukup panas,” tuturnya.

Menurut dia, silaturahmi kedua tokoh akan menjadi solusi untuk bangsa guna merajut kembali kebersamaan, persatuan, dan melihat Indonesia sebagai kepentingan bersama.

Sekretaris TKN Jokowi-Ma’ruf Amin, Hasto Kristiyanto, mengatakan, Jokowi selama ini terbuka untuk berdialog dengan Prabowo. Namun, terkait pertemuannya, Hasto meminta masyarakat untuk menunggu pada waktu yang tepat. ”Kami meyakini Pak Jokowi sangat terbuka, beliau (Jokowi) menyatakan dialog itu penting. Pertemuan itu juga penting. Tetapi, dalam momentum yang tepat pertemuan itu akan terjadi,” katanya.

Politikus kelahiran Jogjakarta tersebut menambahkan, masyarakat harus mengedepankan pesan-pesan perdamaian dibandingkan dengan pertentangan pascapilpres. Sebab, sejatinya pemilu adalah sebuah alat untuk mencari pemimpin. Hasto mengajak semua elemen bangsa untuk menjunjung semangat perdamaian dan rekonsiliasi. Dia juga tidak ingin ada lagi pihak yang ingin membenturkan sesama warga negara. (JPG)