25 radar bogor

Arsenal Kalah di Final, Lyon Ketiban Durian Runtuh

Pemain Lyon. (PML Daily)

LYON-RADAR BOGOR,Kegagalan Arsenal menjuarai Liga Europa 2018-2019 usai kalah 1-4 dari Chelsea pada laga final, Kamis (30/5) dini hari WIB, menjadi berkah bagi Olympique Lyon. Klub asal Prancis itu dipastikan langsung berlaga di fase grup Liga Champions 2019-2020 alias tak melewati babak kualifikasi terlebih dahulu.

Lyon sendiri di kompetisi lokal Liga Prancis musim 2018-2019 hanya berada di peringkat ketiga klasemen akhir. Normalnya, Lyon harus melewati babak kualifikasi karena status Liga Prancis berada di posisi kelima dalam hal ranking UEFA.

Hanya saja, nasib Lyon bisa berubah tergantung hasil final Liga Europa 2018-2019. Seperti diketahui, Chelsea sudah mendapat tiket fase grup Liga Champions 2019-2020 dengan berada di posisi ketiga Premier League 2018-2019. Sementara itu, Arsenal hanya berada di posisi kelima yang berarti tiket fase grup Liga Europa 2019-2020.

Akan tetapi, Arsenal bisa melenggang ke fase grup Liga Champions 2019-2020 andai menjuarai Liga Europa 2018-2019. Sayangnya, mereka gagal setelah kalah 1-4 dari Chelsea.

Dalam regulasi UEFA, meski pemenang Liga Europa sudah mendapat tiket fase grup Liga Champions lewat jalur kompetisi domestik, jatah tersebut tak bisa dialihkan ke runner-up. Dalam hal ini, Arsenal hanya menduduki peringkat kelima kompetisi domestik alias tiket fase grup Liga Europa.

Jatah Chelsea berupa tiket fase grup Liga Champions via juara Liga Europa dialihkan ke klub peringkat ketiga Liga Prancis sesuai ranking kompetisi UEFA. Peringkat ketiga Liga Prancis memang berhak tiket Liga Champions dan melakoni babak kualifikasi terlebih dahulu. Namun, dengan dialihkannya “jatah” dari Chelsea, peringkat ketiga Liga Prancis, dalam hal ini Lyon, langsung ke fase grup.

Seperti diketahui 4 liga besar Eropa yakni Inggris, Spanyol, Italia, dan Jerman mendapat jatah masing-masing 4 wakil di Liga Champions. Empat wakil tersebut langsung tampil di fase grup. Sementara liga peringkat lima dan enam berdasar ranking UEFA mendapat jatah 3 wakil. Namun, hanya juara dan runner-up liga yang langsung ke fase grup. Sedangkan peringkat ketiga harus melewati babak kualifikasi.

Liga Prancis sendiri berada di urutan kelima ranking UEFA. Jadi, “jatah” Chelsea lewat juara Liga Europa dilimpahkan ke klub peringkat ketiga Liga Prancis yang akhirnya langsung ke fase grup.

Arsenal sendiri tetap berlaga di fase grup Liga Europa sesuai dengan raihan di kompetisi domestik. The Gunners hanya berada di posisi kelima Premier League 2018-2019.

Lyon sendiri baru saja mengumumkan pelatih dan direktur olahraga yang baru pada Selasa (28/5) waktu Prancis. Sylvinho menjadi pelatih anyar, sementara Juninho merupakan direktur olahraga yang baru. Keduanya berasal dari Brasil. Sylvinho sendiri saat aktif bermain pernah memperkuat Arsenal pada 1999-2001. (JPG)