25 radar bogor

Liga 1 2019 Baru Pekan Kedua, Tujuh Wasit Dievaluasi

JAKARTA-RADAR BOGOR, Liga 1 2019 baru berjalan dua pekan. Namun, PSSI mengaku akan segera mengevaluasi sejumlah wasit yang dinilai bermasalah. Hal itu setelah mereka memanggil tujuh wasit yang memimpin pertandingan Liga 1 2019 hingga pekan kedua.

Pemanggilan itu diakui PSSI sebagai evaluasi berkala yang dilakukan setiap pekannya pada kompetisi tersebut. Namun, PSSI tak menyebut siapa saja tujuh wasit yang dipanggil.

Intinya, pemanggilan itu juga hasil perbincangan dengan Komite Wasit PSSI. Mereka juga sudah mengumpulkan sejumlah laporan dari klub- klub yang berkaitan dengan wasit-wasit tersebut.

“Pada pekan ini kami memanggil tujuh wasit yang sudah bertugas pada pekan pertama dan kedua Liga 1 2019. Evaluasi akan kami lakukan bersama Komite Wasit. Kami juga mengumpulkan laporan teknis dari penilai wasit sebagai salah satu bahan dari evaluasi,” beber Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, dalam rilis resminya.

PSSI diakui Tisha menerima laporan dari beberapa klub terkait performa pengadil di lapangan. Untuk itu, PSSI secepatnya melakukan evaluasi dan akan bertindak tegas bila ada kesalahan yang dilakukan oleh perangkat pertandingan.

“PSSI berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas perangkat pertandingan di semua kompetisi. Selain itu, pada tahun ini kami juga akan mendirikan badan wasit independen. Untuk itu kami tidak akan menolerir setiap pelanggaran peraturan permainan apabila terbukti telah terjadi kesalahan,” pungkas Ratu Tisha. (JPG/magang-hanifah)