25 radar bogor

Pemkot Bakal Tanam 1.000 Pohon di Jalan Protokol, Ini Tanggapan Guru Besar IPB

Pohon besar di pusat kota Bogor. (Nelvi/Radar Bogor)

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemkot Bogor melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) akan menanam 1.000 pohon di sejumlah jalan protokol.

Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Hadi mengungkapkan, jenis apa pun yang ditanam yang penting adalah pemeliha­raan dan penempatan yang tepat untuk pohon-pohon ter­se­but.

Karena tidak semua tem­pat cocok untuk ditanami po­hon yang sama.

’’Jadi yang penting adalah pemeliharaan, mengenai jenis tergantung dari kondisi jalan dilihat dari fungsi jalan, kelas jalan, letak atau posisinya pada sekitar sungai, sawah, itu beda-beda mestinya,” terangnya.

Di samping itu, lanjut dia, pohon-pohon yang ditanam juga harus diketahui tujuannya. Apalah untuk keindahan, keteduhan atau menciptakan iklim mikro.

Karena tidak se­mua pohon yang ditanam di pinggir jalan bisa kuat berta­han dengan jumlah volume kendaraan yang melintas.

Sehingga salah satu akibatnya adalah pohon cepat keropos. ’’Pohon cepat keropos itu kare­na tidak kuat, makin tidak ke­ro­pos kalau tidak dipelihara, namanya pemeliharaan tana­man di jalan itu harus, karena menyangkut kesela­matan,” pungkasnya.(gal/c)