25 radar bogor

Shopee Catat Penaikan Transaksi Dua Kali Lipat Sejak Awal Ramadan

JAKARTA-RADAR BOGOR, Momen Ramadan rupanya turut meningkatkan perilaku belanja online masyarakat Indonesia. Perubahan perilaku konsumen ini juga dirasakan Shopee. Platform belanja online itu mengklaim berhasil mencatat peningkatan transaksi sejak awal Ramadan.

Awal minggu Ramadan 2019, Shopee menyebut telah mencatatkan peningkatan transaksi hingga tiga kali lipat dibandingkan tahun lalu. Pertumbuhan ini diprediksi akan terus meningkat pasca penerimaan Tunjangan Hari Raya (THR) yang akan tiba dalam beberapa hari lagi bagi sebagian pekerja. Untuk menjawab antusiasme pengguna, Shopee juga menghadirkan promo bertajuk Pasti Lebih Besar di Puncak Big Ramadhan Sale pada 24 Mei ini.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, perubahan tren belanja dan konsumsi masyarakat pada momen Ramadan memang mengalami peningkatan yang signifikan. “Kami juga mengapresiasi respons positif masyarakat terhadap kampanye-kampanye Shopee sehingga terpilih sebagai e-commerce favorit untuk membelanjakan THR-nya berdasarkan hasil survei yang dilansir Snapcart pada awal bulan ini,” katanya dalam keterangan resminya kepada JawaPos.com.

Selain itu, Shopee juga mencatat beberapa fakta menarik dan hasil pencapaian pada awal minggu Big Ramadan Sale 2019 di Shopee. Shooee mencatat peningkatan traffic terjadi pada pagi hari pukul 03.00-05.00 hingga empat kali lipat dibandingkan hari biasa. Kemudian inovasi in-app game Goyang Shopee juga disebut meningkat sebesar tiga kali lipat pada Super Goyang Day pada 23 April dan 7 Mei dibandingkan hari biasa.

Antusiasme pengguna juga diklaim tinggi dengan adanya program Serba 10 ribu dan hadiah paket umrah. Ini terlihat dengan tercatatnya lebih dari 3 juta partisipan dalam Serba 10 ribu. Kategori Fashion Muslim menjadi salah satu yang paling diminati. Shopee mengaku mendapat kenaikan pembelian lebih dari dua kali lipat dibandingkan hari biasa. Dua kategori terpopuler lainnya adalah Kecantikan dan Pakaian Wanita.

Perubahan perilaku dan peningkatan konsumsi masyarakat melalui e-commerce juga diyakini oleh Nailul Huda, peneliti Center of Innovation and Digital Economy INDEF (Institute for Development of Economics and Finance). Menurutnya, Ramadan memang selalu menjadi salah satu momentum yang dimanfaatkan para pelaku e-commerce untuk meningkatkan nilai transaksi.

“Tahun ini, INDEF memprediksi nilai rata-rata belanja masyarakat pada Ramadan mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Indeks keyakinan kKonsumsi masyarakat pada Ramadan selalu meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini pun terlihat dari nilai rata-rata belanja masyarakat pada Ramadhan yang selalu mengalami peningkatan dibanding
tahun sebelumnya,” jelasnya.(JPG/magang-Dilah)