25 radar bogor

SMPN 3 Bogor Tekankan Budaya Saling Berbagi

BOGOR–RADAR BOGOR,Menanamkan kegia­tan dalam bulan Ramadan se­ba­­gai pe­numbuhan budi pekerti, SMPN 3 Bogor tutup dengan memberikan puluhan santunan kepada anak yatim piatu serta petugas pelaksana di lingkungan sekolah, kemarin (23/5).

Wakil Kepala Sekolah bidang Hubu­ngan Masyarakat, Rama­dhan menjelaskan, di SMPN 3 Kota Bogor, kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan Rama­dan dilakukan sejak sebelum puasa. Yaitu memberikan tau­siah kepada anak-anak didiknya.

Lalu dilanjutkan dengan kegi­atan penumbuhan budi pekerti yang dulunya disebut pesantren kilat (sanlat). Dalam penumbu­han budi pekerti, kata dia, anak-anak mengisi bulan puasa dengan tadarus, literasi keaga­maan dan lainnya.

’’Nah, santunan merupakan kegi­atan penutup, anak-anak menyisihkan uang jajan me­­reka untuk memberikan kepada teman-temannya yang sudah yatim, piatu dan kedua­nya. Juga kami berikan ke petugas kebersihan yang tidak mampu dan beberapa musala terdekat dengan sekolah,” bebernya kepada Radar Bogor, kemarin.

Ramadhan mengatakan, ada sebanyak 50 anak yang diberi­kan santunan dan 10 petugas sekolah. Menurutnya, anak-anak didiknya yang ikut serta sangat antusias dan merasa senang bisa membantu teman-temannya yang mem­butuhkan.

Ditambah, lanjut dia, ada ker­ja­­ sama sekolah dengan alumni khususnya angkatan 1996, mereka memberikan karpet untuk musala sekolah yang masih terbilang baru menempati aula yang baru saja dibangun SMPN 3 Kota Bogor.

’’Jadi kami juga berteri­ma ­kasih kepada alumni yang masih bersinergi dengan seko­lah sampai saat ini,” tutupnya.

Di tempat yang sama, Kepala SMPN 3 Kota Bogor, Nyayu Toyibah berharap, semua rang­kaian kegiatan yang dibe­rikan dalam bulan Ramadan bisa terus diimple­mentasikan anak-anak didiknya di bulan lainnya. ’’Harus dibiasakan, sehingga ini bisa menjadi budaya.(ran)