25 radar bogor

Percepat Realisasi PAD dari Pajak, UPT PD2 Cileungsi Gratiskan Biaya Mutasi PBB

Kepala UPT PD2 Cileungsi-Gunungputri, Herry Ghiananta.

CIBUBUR-RADAR BOGOR, Untuk mempercepat realisasi PAD dari Pajak daerah, Unit Pelayanan Terpadu Pajak Daerah 2 (UPT PD2) Cileungsi-Gunungputri menggrastiskan biaya pengurusan mutasi Pajak Bumi Bangunan (PBB).

Kepala UPT PD2 Cileungsi-Gunungputri, Herry Ghiananta mengatakan hal ini dilakukan untuk meningkatkan wajib pajak yang ada di wilayahnya.

Selain itu, menurutnya hal ini juga mengubah persepsi masyarakat yang menganggap bahwa pengurusan mutasi PBB ini membayar sejumlah uang agar cepat selesai.

“Untuk pengurusan mutasi PBB juga mutasi sebagian di UPT PD2 Cileungsi-Gunungputri tanpa biaya sepeser pun. Alias gratis,” jelas Herry kepada Radar Cibubur, kemarin.

Meski begitu, upaya ini ternyata juga tidak mampu menutupi segala permasalahan yang ada. Karena tidak membuka celah pada oknum-oknum pegawai pajak yang melakukan pemungutan liar (pungli) terhadap masyarakat yang hendak melakukan mutasi PBB.

Dia tak mau menutup mata, karena selama ini juga tidak sedikit pegawai pajak meminta imbalan pada masyarakat yang mengurus mutasi PBB ini.

Perihal pungli ini, Herry meminta agar masyarakat melaporkannya kepada tim saber pungli. “Tidak menutup kemungkinan untuk itu (pungli red). Oleh karena itu, saya selalu minta kepada masyarakat, jika ada oknum pegawai pajak yang seperti itu langsung laporkan ke saya atau langsung ke saber pungli,” tuturnya.

Sementara itu untuk sanksi yang diterapkan bagi oknum pegawai yang melakukan pungli, lanjut Herry, dari pengurusan mutasi PBB ini akan diberikan kejut sesuai dengan aturan yang berlaku. Dimana untuk pegawai berstatus pegawai negeri sipil (PNS) itu akan dilaporkan ke BKPP untuk ditindak.

“Sedangkan untuk non PNS, akan mendapat sanksi dari dari tempat ia bekerja. Termasuk pemecatan dan sanksi hukum,” tukasnya.(all/c)