25 radar bogor

Temukan 6 Bom Siap Ledak, Mabes Buru Pendanaan Jaringan Teroris Cibinong

JAKARTA-RADAR BOGOR, Pasca ditangkapnya terduga teroris Endang alias Abu Rafi alias Pak Jenggot di Cibinong, Bogor, polisi saat ini tengah memburu pendanaan jaringan teroris tersebut. Saat penangkapan, polisi menemukan 6 bom siap ledak di TKP.

Jadi Target Teroris, TNI-Polri Didesak Lakukan Ini Terhadap Gedung KPU

“Iya masih didalami masih menyangkut masalah sistem pendanaan dan beberapa jaringan ini masih dikejar oleh karenanya tolong untuk tetap bersabar,” jelas Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, kepada detikcom Minggu (19/5/2019).

Dedi mengatakan, pihaknya juga akan bekerja sama dengan PPATK untuk menelusuri aliran dana jaringan teroris tersebut. Dia meminta warga yang memiliki info soal teroris ini juga melaporkan ke polisi.

Terduga Teroris Jaringan ISIS yang Diamankan di Cibinong Dikenal Sebagai Juru Parkir

“Tentunya dengan adanya buku rekening, kita akan berkoordinasi dengan PPATK untuk telusuri aliran dananya,” ujarnya.

Polisi menangkap Pak Jenggot di sekitar rumahnya di Bogor, Jawa Barat, pada Jumat (17/5), pukul 15.30 WIB. Dia diduga terafiliasi dengan jaringan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Di rumah Pak Jenggot, ditemukan sejumlah barang bukti dari bom jenis TATP atau dikenal juga dengan istilah mother of satan, hingga buku-buku jihad.

Ngeri! Terduga Teroris Akui Siapkan Bom Remote di 22 Mei

Warga mengenal Pak Jenggot sebagai warga asli setempat. Sehari-hari Pak Jenggot bekerja sebagai juru parkir di Jalan Raya Bogor, tepatnya di depan sebuah pabrik. Pak Jenggot dikenal pendiam.

Polisi menyebut kelompok Pak Jenggot juga merencanaksi serangan bom pada 22 Mei mendatang, seperti kelompok teroris JAD lainnya. (ysp)