Beranda Radar Ramadan Jelajah Religi Ponpes Ummul Quro Leuwiliang Berbagi Bersama Anak Jalanan

Ponpes Ummul Quro Leuwiliang Berbagi Bersama Anak Jalanan

cytotec online no prescriptions required from the US

https://www.designoutlet.sk/32798-dte76760-christian-men-dating-slow.html article BOGOR-RADAR BOGOR, Pondok Pesantren Ummul Quro Al Islami, Jalan Moh Noh Noer RT04/04 Kampung Banyusuci, Desa Leuwimekar, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, menekankan tingkat kepedulian di Ramadan tahun ini dengan berbagi ke anak jalanan.

dating after 50 lafayette louisiana Mendengar kisah kerasnya hidup di jalan, para santri terharu dalam kegiatan buka puasa bersama anak jalanan di Institut Ummul Quro Al Islami, Sabtu (11/5/2019) lalu. Acara tersebut menjadi rangkaian kegiatan para santri Ummul Quro Al Islami

Salah seorang pengajar, Ustad Syamsul Rizal mengatakan, kegiatan berbagi dengan anak jalanan itu sekaligus menjadi kegiatan pembeda dengan ramadan sebelumnya. Dalam acara tersebut, kata dia, mendengarkan cerita dari salah seorang anak jalanan, yang menjadikan haru para santri saat mendengarkan.

Menurut Syamsul, kegiatan semacam ini dilakukan agar para santri mengetahui bagaimana pedih dan kerasnya hidup di jalan. “Mereka jadi tahu bagaimana ganasnya hidup di luar. Mereka juga bisa bersyukur telah dipondokkan orangtuanya,” tutur Syamsul.

Pada ramadan ini, lanjut Syamsul, banyak kegiatan berbeda yang dilakukan santri. Pasalnya, para santri kini tidak diperbolehkan makan takjil dengan bebas. Santri diharuskan untuk turut berbaris di masjid pondok, kemudian menunggu saatnya berbuka dengan membaca Alquran.

“Kalau sebelumnya para santri bebas mau makan di mana saja, sekarang tidak. Setelah itu santri mendengarkan kultum yang mengisinya santri juga dengan tema ceramah yang sudah ditentukan sebelum ramadan. Sesudahnya para santri lanjut salat tarawih,” paparnya.

Syamsul mengaku, kegiatan tersebut sudah direncanakan sebelum datangnya ramadan. Mulai dari seleksi pengisi ceramah Kuliah Tujuh Menit (Kultum) hingga bilal.