25 radar bogor

Rekapitulasi Suara Dapil Luar Negeri Ditargetkan Kelar Besok

JAKARTA-RADAR BOGOR,Proses penghitungan rekapitulasi suara daerah pemilihan luar negeri belum juga rampung. Karena itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) menargetkan proses tersebut selesai pada Kamis, (9/5).

Komisioner KPU, Viryan Aziz mengatakan dari 130 rekapitulasi pemilu di luar negeri. KPU baru merampungkan 76 rekapitulasi di pemilu luar negeri.

“Hari ini terus berlanjut. Kami targetkan mudah-mudahan besok bisa rampung semuanya,” ujar Viryan di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (8/5).

‎Viryan mengatakan sampai sejauh ini tidak ada kendala dalam melakukan rekapitulasi pemilu di luar negeri. Semuanya berjalan lancar karena data yang didapat oleh KPU lengkap.

“Semakin lancar, polanya kami juga sudah tahu polanya,” katanya.

Viryan mengatakan data rekapitulasi sudah masuk semuanya. Hanya tinggal di pemilu Malaysia. Hal itu karena di Kuala Lumpur, Malaysia sedang melakukan proses pemungutan suara dengan metode pos.

“Tinggal nanti Kuala Lumpur, mungkin menyusul karena masing menunggu proses pemungitan suara menggunakan pos,” katanya.

Selain itu, Virtan mengatakan, sampai saat ini sudah hampir semua provinsi menyelesaikan proses rakapitulasi tingkat nasional. Sehingga KPU menargetkan 9 atau 10 Mei bisa melakukan rekapitulasi tingkat nasional bisa dimulai.

“Kita rencanakan mulai sekitar tanggal 9 atau 10 Mei,” katanya.

Adapun, KPU menjadwalkan rekapitulasi suara Pemilu 2019 akan berlangsung hingga 22 Mei. Rekapitulasi dilakukan di KPU provinsi pada 22 April hingga 13 Mei 2019. Kemudian, rekapitulasi dan penetapan hasil Pilpres 2019 tingkat nasional akan dilakukan KPU RI hingga 22 Mei 2019. (JPG)