Beranda Radar Ramadan Jelajah Religi Ponpes Al Falakiyah : Lulus, Hafal 30 Juz dan 300 Hadist

Ponpes Al Falakiyah : Lulus, Hafal 30 Juz dan 300 Hadist

Sebagian santri membaca kitab suci Alquran dan menyetor hafalan yang menjadi syarat kelulusan di Ponpes Al Falakiyah Pagentongan.

where can i buy tinidazole over the counter buy brand pfizer viagra BOGOR-RADAR BOGOR, Bulan Ramadan tahun ini, santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Fakiyah rutin membaca Kitab Kuning 30 menit setelah salat lima waktu. Kegiatan tersebut, berbeda dengan kegiatan di bulan ramadan tahun sebelumnya.

click here to find out more Santri Ponpes Al Falakiyah, Muhammad Adib (17) membenarkan adanya kegiatan yang membedakan dengan ramadan tahun lalu.

wiki online dating sites “Iya ramadan sebelumnya hanya mengaji dan setoran quran seperti biasa, kali ini rutin membaca kitab kuning,” kata Adib, yang ditemui Radar Bogor di Masjid Ponpes Al Falakiyah Jalan Kyai Falak Pagentongan, Kelurahan Loji, Kecamatan Bogor Barat.

Selain kegiatan mengaji dan pendidikan Islam, Adib menambahkan, ada ekstrakulikuler yang biasa dilakukan di Minggu yaitu Pencak Silat.

Namun, kegiatan tersebut saat ini kemungkinan diliburkan lantaran bulan ramadan. “Beberapa juga pulang libur jelang ujian nanti,” ujarnya.

Pengasuh Ponpes Al Falakiyah, KH TB Asep Zulfiqor menjelaskan, saat ini para santri tsanawiyah menjalani ujian semester.

Namun, para santri diwajibkan mengaji enam kali dalam satu hari. Belum lagi, sambung dia, para santri juga diharuskan mengaji kitab kuning seminggu dua kali.

“Jadi satu tahun itu para santri wajib menghafal seratus hadist. Syarat lulus di Ponpes Al Falakiyah yaitu 30 juz dan 300 hadist beserta rowinya,” imbuhnya.

Program yang ditawarkan adalah menghafal Alqur’an 30 juz dengan target satu halaman bisa disetorkan setiap harinya.

Melalui program seperti itu, insya Allah setiap santri bisa selesai menghafal kurang dari tiga tahun.

“Ada santri yang cepat menghafal, namanya Siti Rahmah yang selesai hanya 14 bulan,” kata dia.