25 radar bogor

LRT Masuk Kota Bogor Tahun 2020, Baranangsiang Dipersiapkan jadi Stasiun

 

BOGOR–RADAR BOGOR,Program transportasi menjadi prioritas utama pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bogor, Bima Arya-Dedie A. Rachim. Berkaca pada periode pertama Bima Arya yang gagal merealisasikannya, membuat sejumlah evaluasi dilakukan.

Apalagi, Light Rail Transit (LRT) akan masuk ke Kota Bogor pada 2020 mendatang. Sehingga, skema penataan dan penyediaan transportasi di Kota Bogor akan berubah total sesuai dengan diterbitkannya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 49 Tahun 2017 tentang Percepatan Pembangunan LRT.

Pembangunan LRT Jabodebek, Pemkab Bogor Belum Terima DED

’’Ke depan Kota Bogor akan berubah, di antaranya akan masuknya LRT ke Bogor, yang mana fase kedua pem­­­bangunan mulai dari Cibubur, Cimanggis lalu ke Bogor,” ujar Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim saat menghadiri HUT Ke-4 Badan Pengurus Daerah Keluarga Kerukunan Sulawesi Selatan (BPD KKSS) Kota Bogor di Gedung Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat Balitro Kelurahan Cimanggu Kecamatan Bogor Tengah, Sabtu (4/5).

Rencananya, kata dia, stasiun LRT akan berada di Baranangsiang. Dengan begitu diperkirakan dalam waktu satu hari sebanyak 120 ribu orang dapat terangkut. Karena akan banyak warga yang berpindah moda trans­portasinya.

’’Sebanyak 30 persen warga diperkirakan pindah moda transportasinya dari Commuter Line ke LRT, serta 40 persen warga yang biasa menggunakan mobil juga demikian,” terangnya.

Bukan tanpa sebab, hitung-hitungan itu muncul. Dedie menerangkan 40 persen warga pengguna mobil akan merubah moda transportasi ke LRT dikare­nakan pada 2020, Peme­rintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menerapkan sistem Electronic Road Pricing atau ERC.

Pembangunan LRT Jabodebek, Pemkab Bogor Belum Terima DED

Dalam artian, para pengguna mobil yang berangkat dari Bogor menuju Jakarta harus membayar dua kali tol.

’’Ini harus diantisipasi, karena­nya Kota Bogor sedang mem­pers­iapkan segala sesuatunya,” jelas Dedie.

Selain itu, mantan Direktur KPK itu juga menerangkan, bahwa ke depan di Kota Bogor akan terbangun jalur trem atau trem way. (gal)