25 radar bogor

Masuk Puasa, Israel-Palestina Saling Gempur

GAZA-RADAR BOGOR, Usai terlibat aksi kekerasan di jalur Gaza, jumlah korban tewas di pihak Israel dan Palestina meningkat. Bahkan saat memasuki bulan Ramadan.

Bentrokan tersebut sejauh ini  telah menyebabkan empat warga Israel dan 23 warga Palestina tewas. Militer Israel mengklaim lebih dari 600 roket telah ditembakkan ke wilayah Israel sejak Sabtu (4/5/2019).

Sebagai balasan, Israel menyatakan telah melancarkan gempuran terhadap 320 target.

Bahkan, pada Minggu (5/5/2019), Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, telah memerintahkan militer untuk terus meneror penduduk di wilayah Gaza.

Netanyahu juga menyatakan pasukan di sekitar Jalur Gaza akan “diperkuat dengan tank, artileri, dan pasukan infantri”.

Adapun Kementerian Kesehatan di Gaza mengungkap ada 23 warga Palestina yang tewas sepanjang akhir pekan. Sebagian besar tewas pada Minggu (5/5). Kelompok Jihad Islam mengakui tujuh di antara para korban tewas merupakan anggota mereka.

Akan tetapi sebagian adalah warga sipil, termasuk seorang bocah berusia 12 tahun dan dua perempuan hamil.

israel Suasana permakaman seorang warga Israel yang tewas akibat serangan roket. (EPA)

Selagi aksi saling gempur bereskalasi, militer Israel menyebut telah membunuh seorang komandan Hamas bernama Hamed Hamdan al-Khodari.

Sejumlah bangunan yang dihancurkan Israel, menurut militer Israel, adalah gedung bertingkat di Kota Gaza yang diklaim merupakan kantor intelijen Hamas.

Pemerintah Turki mengatakan kantor berita Anadolu juga berkantor di gedung itu. Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu, menyebut serangan Israel terhadap warga sipil adalah kejahatan terhadap kemanusiaan

Pemimpin Hamas, Ismail Haniya, merilis pernyataan yang menegaskan kondisi tenang masih mungkin terwujud andai Israel berkomitmen untuk gencatan senjata secara menyeluruh.