25 radar bogor

Ini Dia Sosok Muslim Pengunggah Video Pertama di Youtube

Jawed Karim

AMERIKA SERIKAT-RADAR BOGOR, Tren vlog berkembang pasca kehadiran jejaring sosial berbasis video, Youtube

Youtube didirikan oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Nama yang disebutkan terakhir, selain berstatus sebagai co-founder sekaligus pengunggah video pertama di YouTube.

Melalui channel miliknya, jawed, Karim yang seorang muslim mengunggah video berjudul “Me at the zoo” yang menampilkan dirinya sedang berada di kebun binatang. Video berdurasi 19 detik yang diunggah pada 23 April 2005 atau 14 tahun lalu tersebut sudah ditonton lebih dari 66 juta kali.

Karim lahir di Merseburg, Jerman Timur pada 1979. Ayahnya bernama Naimul Karim, peneliti di 3M, perusahaan asal Amerika Serikat penyedia perkakas. Sedangkan ibunya yang bernama Christine Karim merupakan associate professor di University of Minnesota.

Karim sempat bergabung bersama PayPal dan eBay. Karim bersama kedua rekannya Hurley dan Chen kemudian hengkang dari PayPal dan membuat situs Youtube.

Setelah cukup lama tidak mengunggah video di Youtube, Karim membagikan video klip dari lagu milik musisi Lil Dicky berjudul Earth yang mengajak penontonnya mencintai dan menjaga kelestarian Bumi.