25 radar bogor

Soal Massa Serba Hitam di May Day Bandung, Polisi: Mereka Penyusup

BANDUNG-RADAR BOGOR, Publik dihebohkan dengan massa berpakaian hitam-hitam saat peringatan hari buruh di Bandung, Rabu (1/5/2019).

Dilansir dari laman pojokjabar.com, massa tersebut  diduga kuat massa suruhan. Sebab massa ini masih muda, siswa SMP hingga mahasiswa. Mereka tak terkait dengan buruh.

Massa berpakaian hitam-hitam ini muncul di demonstrasi peringatan Hari Buruh Sedunia (May Day) 2019. Mereka beraksi di berbagai kota dan melakukan perusakan.

Mereka berpakaian hitam, baik kaos atau jaket, beberapa dari mereka juga mengenakan jaket bertudung. Celana mereka juga banyak yang berwarna hitam. Wajah mereka ditutupi oleh masker atau topeng kain hitam.

Di Kota Bandung, massa ini sempat membuat kekacauan dengan aksi vandalisme di mobil mobil yang mengangkut buruh. Massa ini juga sempat kejar-kejaran dengan polisi.

Di Bandung, massa berpakaian serba hitam ini dikatakan polisi telah menyusupi demonstrasi kaum buruh. Aksi mereka terpantau di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (1/5/2019).

Selain di Indonesia, ternyata massa berpakaian hitam ini terpantau ikut aksi buruh di Prancis. Di Kota di benua Eropa ini, massa berpakaian hitam diamankan polisi setempat sebanyak 88 orang.

“Sekelompok orang itu bukan buruh. Identitas hitam-hitam mereka ternyata ada indikasi gesekan dengan buruh. Karena mencoba menyusup,” kata Kapolrestabes Bandung Kombes Irman Sugema.

Dari foto yang beredar di media sosial dan media online, massa hitam-hitam di demo buruh ini adalah anak-anak usia sekolahan dan mahasiswa, dari SMP hingga tingat perguruan tinggi. Wajah mereka masih sangat muda. (pojokjabar/ysp)