25 radar bogor

Luar Biasa! Driver Gojek Ini Hidupi Santri Pondok Pesantren

Endang Soplo saat mewisuda puluhan santri yang lulus program tahfiz al-Qur'an.

CIOMAS – RADAR BOGOR, Apabila dijalankan dengan niat, kebaikan besar dapat dilakukan oleh siapa saja termasuk oleh seorang pengemudi ojek online.

Inilah yang dibuktikan oleh Endang Irawan, seorang mitra driver GOJEK yang sejauh ini telah menghidupi ratusan santri dan santriwati di Pondok Pesantren Nurul Iman yang tak lain miliknya sendiri.

Perjuangan pria yang dikenal dengan nama Endang Soplo itu pun, hari ini kembali berbuah manis seiring dengan kelulusan beberapa santriwatinya pada acara Tasyakur Milad ke-XIV dan Wisuda Hafidzah ke-IV di Pondok Pesantren Nurul Iman, Kabupaten Bogor, Minggu (28/4/2019).

Endang Soplo, telah bergabung sebagai mitra driver GOJEK sejak empat tahun lalu setelah meninggalkan pekerjaan lamanya sebagai seorang mekanis.

Setiap hari Senin sampai Kamis, ia mencari orderan penumpang di Jakarta sebelum menghabiskan waktunya di pondok pesantren pada akhir pekan.

Fleksibilitas dalam bekerja lah yang membuatnya memilih profesi sebagai mitra driver GOJEK, sehingga ia dapat membagi waktu untuk mencari penghasilan dan merawat pesantren.

VP Corporate Affairs GOJEK Dudi Irawan mengatakan, sebagai perusahaan teknologi yang selalu mengedepankan misi sosial, GOJEK merasa bangga akan banyaknya mitra yang membawa perubahan positif kepada lingkungan dan perubahan di masyarakat.

Bang Soplo menurut Dudi adalah salah satu icon yang patut dijadikan teladan untuk mitra-mitra Gojek yang lainnya.

“Yang pastinya kami apresiatif dengan apa yang dilakukan Bang Soplo. Melalui sosoknya yang punya kepedulian tinggi terhadap sesama, kami berharap agar dapat terus menginspirasi para mitra dan juga masyarakat luas lainnya untuk terus berbuat kebaikan dengan caranya masing-masing,” kata Dudi.

Sejak awal berdiri, pondok pesantren binaan Endang Soplo telah mencetak belasan penghafal Al-Quran.

Bahkan, tidak sedikit dari lulusannya yang kini diminta untuk mengajar dan menyebarluaskan ilmu agama di daerah-daerah sekitarnya.

Saat diwawancarai terkait motivasi apa yang membuat ia melakukan upaya mulia itu, Endang mengatakan jika kemuliaan seseorang terletak ketika orang tersebut mampu memberikan manfaat kepada orang-orang yang ada di sekitarnya.

“Saya merasa bersyukur dan bangga, karena hasil dari jerih payah saya dapat bermanfaat secara berkelanjutan. Melalui ilmu agama yang kini juga disebarkan oleh para lulusan santri dan santriwati di pesantren yang saya bina. Besar harapan saya gar rantai kebaikan ini terus berjalan dan tidak pernah putus. Sehingga manfaatnya akan terus mengalir,” ujar Endang dengan sedikit haru.

Sempat viralnya pemberitaan tentang Endang Soplo telah membuat pondok pesantren binaannya menjadi semakin dikenal luas, dan menarik perhatian santri/santriwati baru untuk bergabung.

Ketika ditanyakan mengenai harapan ke depannya, ia mengaku berharap dapat memperoleh bantuan yang berkelanjutan untuk menutup biaya hidup para santri/santriwati, mengingat beberapa dari mereka yang merupakan anak yatim tidak dikenakan biaya sama sekali untuk bergabung.

Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan juga, GOJEK melalui GO-GIVE yang merupakan portal penggalangan dana dan donasi secara online yang bekerja sama dengan website Kitabisa.com.

“Intinya kami mengajak segenap masyarakat untuk turut serta berdonasi melalui aplikasi GOJEK atau melalui link https://www.kitabisa.com/bantubangsoplo. Semoga ke depannya akan semakin banyak individu yang terdorong untuk menjadi bagian dari rantai kebaikan bagi sesama,” tutup Dudi. (*/ysp)