25 radar bogor

Tebal 1.150 Halaman, Skripsi Gadis Ini jadi Viral!

Survei mengatakan sebanyak 45% mahasiswa di Indonesia nekat manipulasi data skripsi

SURABAYA-RADAR BOGOR, Warganet dihebohkan dengan penampakan skripsi super tebal. Bagaimana tidak, tebal skripsi tersebut mencapai 1.150 halaman dengan berat 4 kilogram!

Pemilik skripsi yang viral tersebut adalah mahasiswi Universitas Surabaya (Ubaya) Lisa Stefanny.

Lisa mengaku menulis skripsinya hanya selama 45 hari saja karena terbentur deadline. Namun, untuk pencarian bahan dan wawancara narasumber, Lisa menyebut sudah dicicil sejak semestar enam.

“Jadi saya itu semester 6 saya sudah selesai metodologi penelitian, semester 7 saya memulai skripsi. Tapi karena saya masih mengikuti beberapa lomba dan mata kuliah dengan full. Maka saya baru mulai lagi semester 8 tapi untuk pencarian informan, sudah dari semester 8 awal,” cerita Lisa seperti dikutip dari detik.com, Sabtu (27/4/2019).

“Tapi dalam penulisannya memang ini hanya 45 hari. Di awal April saya memulai untuk wawancara, setelah itu saya berangkat ke Bandung untuk lomba setelah saat pulang dari Bandung saya baru memulai dari awal,” lanjutnya.

Selama 45 hari menyusun skripsi, Lisa mengaku jam tidurnya berkurang. Dari yang biasanya sekitar 8 jam menjadi hanya 4 jam. Tak jarang, Lisa juga begadang semalaman demi skripsinya rampung.

“Sudah nggak tidur, nggak tidur sih. Biasanya saya tidur cuma 4 jam. Biasanya orang akan mengumpulkan niatnya seharian, baru kerjanya empat jam. Kalau saya tidur empat jam mengerjakannya sisanya. Karena kejar-kejaran sama dosen,” ungkapnya.

Skripsi ini menjadi viral setelah diposting akun Instagram @dailyubaya. Sejumlah warganet takjub dengan keseriusan Lisa menyelesaikan skripsinya. (dtk/ysp)