25 radar bogor

10 Partai Ini Lolos ke DPRD Kota Bogor, PKS-Gerindra Borong Kursi

Gedung DPRD Kota Bogor
Gedung DPRD, di Jalan Pemuda Kecamatan Tanahsareal, Kota Bogor.

BOGOR-RADAR BOGOR, Sukses PKS dan Gerindra merajai perolehan suara di Kota Bogor pada Pileg 2019, membuat kedua partai pengusung Capres 02 Prabowo-Sandi itu memborong jumlah kursi di DPRD Kota Bogor.

Hasil Rekapitulasi Sementara Pileg 2019 Kota Bogor, PKS-Gerindra Rajai Perolehan Suara  

Dari hasil konversi perolehan suara ke perolehan kursi dengan menggunakan metode sainte lague sebagai basis perhitungan sebagaimana yang diamanahkan oleh UU 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, maka untuk sementara hanya 10 partai yang diprediksi meloloskan calegnya ke DPRD Kota Bogor. Yakni PKS, Gerindra, PDIP, Golkar, Demokrat, PPP, PAN, PKB, Hanura, dan Nasdem.

Sepuluh partai ini, PKS menjadi partai yang paling banyak mendapatkan pundi-pundi kursi legislatif. Dari 50 kuota kursi yang diperebutkan, partai besutan Sohibul Iman itu diprediksi mendapatkan 10 kursi. PKS unggul satu kursi dari Partai Gerindra yang memperoleh 9 kursi.

Sementara PDIP yang notabene partai pemenang Pileg 2014 hanya mendapatkan 8 kursi. Adapun Partai Golkar, Demokrat dan PPP sama-sama mengantongi 5 kursi. Diikuti PAN dan PKB yang memperoleh 3 kursi. Sisa dua kursi lagi diisi Partai Hanura dan Nasdem yang masing-masing berbagi satu kursi.

Bila merujuk data perhitungan sementara Pileg 2019 untuk DPRD Kota Bogor, PKS merupakan partai yang terbanyak meraih kursi legislatif. Namun jika melihat pemetaan ke daerah pemilihan (dapil), Partai Gerindra yang mendominasi perolehan suara.

Dari lima dapil di Kota Hujan, suara Partai Gerindra unggul di tiga dapil. Yakni Dapil 1 Kota Bogor (Timur-Tengah), Dapil 2 Kota Bogor (Bogor Selatan) dan Dapil 3 Kota Bogor (Bogor Utara). Sementara PKS hanya unggul di Dapil 4 Kota Bogor (Bogor Barat) dan Dapil 5 Kota Bogor (Tanah Sareal).

Ketua DPD PKS Kota Bogor, Atang Trisnanto, mengakui jika melihat per dapil PKS hanya menang di Dapil 4 dan Dapil 5. Tapi jika dari total suara PKS yang unggul.

“Dari hitung-hitungan kami, PKS memperoleh suara terbesar disusul Gerindra dan PDIP. Secara perolehan kursi juga demikian, alhamdulillah PKS mendapatkan kursi terbanyak,” ujar Atang, kemarin.

Menurut dia, capaian ini tidak terlepas dari kerja keras para kadernya. Tapi berdasarkan hitung-hitungan partainya, PKS diprediksi mendapatkan sebelas kursi.

“Untuk tingkat kota, kami bisa mendapakan dua kursi di setiap dapil. Dengan catatan ada satu dapil yang bisa tiga kursi. Yakni Bogor Barat,” tambahnya.

Sementara Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bogor, Dadang Iskandar Danubrata, mengaku hasil hitung sementara Radar Bogor tak berbeda jauh dengan hasil internal PDIP. Meski tidak unggul, raihan 8 kursi sudah masih sesuai target.

“Di beberapa wilayah, kita on target. Ya 8 kursi memang sudah di tangan. Namun di proses yang masih berjalan ini kita berharap akan ada penambahan suara partai, mungkin di Tanah Sareal atau penambahan di Bogor Barat lagi. Karena kita juga masih bersaing dengan PKS,” kata Dadang. (dka/d)