25 radar bogor

Server Down, Pelayanan KTP-el di Disdukcapil Kota Bogor Ditutup Dua Hari

Suasana antrean panjang loket permohonan KTP-el di Disdukcapil Kota Bogor, saat server eror Rabu (13/3/2019) pagi. nelvi/radar bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Alami mantainence server, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor umumkan pelayanan pembuatan kartu tanda penduduk elektronic (KTP el) ditutup terhitung sejak Rabu (10/4/2019) hingga hari ini Kamis (11/4/2019).

Saat di konfirmasi Radar Bogor, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Administrasi Kependudukan (PIAK), Ari Setyaningsih menjelaskan, maintenence server di Disdukcapil Kota Bogor dikarenakan server yang sudah terlalu berat.

“Harus ada penambahan kapasitas dan sistem harus diperbaiki lagi. Kemarin kita baru ganti hardwarenya dua,” ujarnya.

Kata dia, ini mengingat Disdukcapil sejak Februari kemarin, tidak hanya melayani ratusan pengajuan membuat KTP el saja. Tapi juga ditambah dengan ajuan masyarakat yang ingin membuat Kartu Identitas Anak (KIA) sejak Februari kemarin. Ini, lanjut Ari, mungkin yang membuat server terlalu di forsir dan terlalu berat.

Selain sedang mengupayakan masalah teknis diperbaiki. Ari juga mengungkapkan, Disdukcapil sebenarnya membutuhkan sumberdaya manusia (SDM), tidak hanya untuk membantu pelayanan, tapi juga yang mengatur bagian Information and Technology (IT).

“Kalau sistem kami sudah bagus, sudah maksimal, hanya memang kembali lagi ke SDM, kita nyetak itu sampai pagi, loh, sampai dua shift,” pungkasnya.

Kekurangan SDM, lanjut Ari, terkadang mereka pun meminta operator pihak kecamatan untuk turut membantu dalam proses percetakan.

“Ini juga untuk kebaikan pelayanan untuk masyarakat. Jadi selain server dengan kapasitas besar, SDM juga kami butuh. Tapi ini dalam proses pengajuan, untuk memperbaiki layanan di Disdukcapil,” tutupnya. (cr2/c)