25 radar bogor

Petakan Daerah Rawan Konflik, Polri Sebar 40 Ribu Brimob Amankan Pemilu

JAKARTA-RADAR BOGOR, Memperketat pengamanan di hari pemungutan suara pemilu 2019, Polri menerjunkan 40.831 personel Brimob.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo mengatakan puluhan ribu personel Brimob tersebut akan disebar ke seluruh wilayah Indonesia.

“Kami sudah menyiapkan 40.831 pasukan dari Brimob dalam rangka melakukan penebalan-penebalan di setiap Polda untuk membantu apabila terjadi sesuatu di sana,” tutur Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (10/4/2019) seperti dikutip dari CNNIndonesia.com.

Dedi menyampaikan fokus pengamanan akan dilakukan pada tiga waktu, yakni saat pencoblosan, penghitungan suara, serta setelah penghitungan suara.

Ia menuturkan pihaknya juga telah lebih dulu mendeteksi potensi kerawanan saat pemilu berlangsung. Pemetaan tersebut dilakukan untuk menyiapkan berbagai skema pengamanan.

Dedi juga mengungkapkan bahwa personel di setiap daerah telah disiapkan untuk ditarik ke daerah lain yang membutuhkan tambahan pasukan untuk melakukan pengamanan.

Lebih lanjut Dedi menjelaskan, kepolisian juga terus memetakan daerah-daerah rawan konflik, terutama setelah masa kampanye terbuka berakhir. (cnn/ysp)