25 radar bogor

Perpanjangan untuk Pindah Lokasi Nyoblos Berakhir

Simulasi Pileg 2019 Radar Bogor
Warga saat mengikuti Simulasi Pileg 2019 yang digelar Radar Bogor.

JAKARTA–RADAR BOGOR,Puncak Pemilu 2019 tinggal sepekan lagi. Ko­misi Pemilihan Umum (KPU) kemarin (10/4) secara res­mi me­nutup per­panjangan pen­daf­taran pe­mi­lih pinda­han. Sisa waktu sepekan sebe­lum coblo­san bisa dimanfaat­kan masyara­kat untuk mengena­li para kandidat sebe­lum me­mas­tikan memilih mereka.

Komisioner KPU Viryan Azis menjelaskan, kesempatan yang diberikan Mahkamah Kons­ti­tu­si (MK) sudah berakhir. ”Tidak ada lagi pelaya­nan (formulir, Red) A5,” ucap­nya kemarin. La­yanan tersebut tadinya di­bu­ka untuk empat golongan. Yak­ni orang sakit, tahanan lapas/rutan, korban bencana, dan orang yang se­dang bertugas saat pemungu­tan suara dilakukan.

Sementara itu, kemarin ja­jaran KPU di daerah juga se­ca­ra serentak mendatangi la­­pas dan rutan untuk me­rekapi­tu­la­si data tahanan yang pin­­­dah memilih. Dasarnya adalah da­t­a yang dimiliki se­be­lumnya, ditambah pem­ba­ruan sete­lah putu­san MK.

Viryan memastikan, sudah tidak ada penambahan daftar pemilih tetap (DPT). Sebanyak 9.640 orang yang baru masuk DPT sudah tidak bisa ditambah. Mereka terdiri atas pemilih di daftar pemilih khusus yang direkomendasikan Bawaslu untuk dimasukkan ke DPT.

Di luar itu, persiapan akhir pe­mungutan suara masih te­rus berjalan. Sepekan ke de­pan, logistik pemungutan su­ara di­simpan di kantor-kantor desa/kelurahan hingga men­jelang hari H pencoblosan. Aparat kepolisian dikerah­kan untuk mengamankan logis­t­ik ter­se­but. Menjelang hari H, aparat akan mengawal pa­­ra petugas KPPS yang bakal meng­ambil logistik untuk di­ba­wa ke TPS.(jp)