25 radar bogor

Kunjungi Pabrik Pocari Sweat, SMA PGRI 1 Ciawi Belajar Berwirausaha

Guru dan siswa siswi SMA PGRI 1 Ciawi foto bersama usai mengunjungi pabrik Pocari Sweat di Kecamatan Cigombong, Rabu (10/4/2019).

CIGOMBONG-RADAR BOGOR, Puluhan siswa-siswi SMA PGRI 1 Ciawi mengunjugi pabrik Porcari Sweat, di Kecamatan Cigombong, Rabu (10/4/2019).

Kunjungan tersebut dilakukan untuk memberikan pemahaman, terkait kewirausahaan maupun mengetahui proses perusahaan dalam memproduksi minuman pengganti ion dalam tubuh.

Guru Pendamping SMA PGRI 1 Ciawi, Arum Sri Rohmah mengatakan, kegiatan ini bertujuan menambahkan wawasan dalam berwirausaha.

Selain itu, kata dia, para pelajar juga diperkenalkan dengan proses produksi yang dilakukan perusahaan, dari mulai pembuatan botol hingga dipasarkan.

“Disana juga diajarkan berwirausaha skala besar atau kecil selalu ada yang namanya kendala, resiko dan termasuk proses perjalanan usaha. Termasuk memperkenalkan teknologi maupun pemasaran yang tepat untuk mendukung pengembangan usaha,“ tuturnya.

Arum mengatakan, para siswa-siswi yang berkunjung juga diperkenankan untuk membuat sebuah video bertemakan kewirausahaan. Tugas-tugas tersebut nantinya, akan menjadi pedoman untuk belajar.

“Mereka membuat video proses pekerjaan pabrik dari awal sampai selesai. Jadi kita belajar sambil jalan-jalan,” ungkapnya

Diharapkan melalui kunjugan tersebut, para murid bisa mengetahui dan mengenal dunia usaha. Mulai dari proses, hasil dan apa yang bisa didapatkan melalui kerja keras.

“Dari sini diharapkan, siswa-siswi memiliki jiwa pekerja keras, jujur dan optimis. Karena usaha tidak menghianati hasil,” pungkasnya (drk/c)