25 radar bogor

Sukseskan Pemilu 2019, Disdukcapil Maksimalkan Perekaman KTP-el

Disdukcapil Kota Bogor
Suasana pelayanan di Disdukcapil Kota Bogor.

BOGOR-RADAR BOGOR, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor telah memastikan seluruh Wajib KTP-el sudah melakukan perekaman KTP-el.

Pasalnya, Disdukcapil telah bekerja secara maksimal dengan cara jemput bola melaksanakan perekaman ke lapangan. Seperti ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Panti Jompo, Panti Asuhan, Rumah Sakit dan ke rumah-rumah warga yang sakit (tidak bisa berjalan).

“Kami memastikan warga-warga ini terekam dan memiliki KTP-el karena ada warga yang belum sama sekali rekam KTP-el,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Penyajian Informasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Kota Bogor, Ari Setyaningsih saat ditemui di kantornya Jalan Achmad Adnawijaya, Kota Bogor, Rabu (10/04/2019).

Arie mengatakan, perekaman KTP-el ini menjadi salah satu dari persiapan Disdukcapil dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2019 di 17 April mendatang agar masyarakat Kota Bogor bisa terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) KPU Kota Bogor.

“Kami juga akan menurunkan dua orang petugas di setiap kecamatan di hari pencoblosan untuk membantu membaca data jika ada data yang error atau tidak sesuai,” katanya.

Arie melanjutkan, selain melakukan perekaman, saat ini juga Disdukcapil disibukkan dengan warga yang mengajukan ganti KTP-el akibat rusak, hilang atau perubahan elemen data. Tak ayal, pengajuan cetak KTP-el setiap harinya bisa mencapai 800 sampai 1.000 orang.

“Alhamdulillah untuk blanko KTP-el nya aman karena kan semua kota/kabupaten butuh untuk Pilpres jadi dari pusat mencetak banyak blanko,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Arie, turut menghimbau kepada masyarakat yang telah melakukan pendaftaran pengajuan cetak KTP-el baik offline di kecamatan atau online melalui website e-menanduk.kotabogor.go.id yang sudah mendapatkan notifikasi ‘siap ambil’ untuk segera mengambil KTP-el nya. Sehingga tidak menumpuk di kantor.

“Kalau yang offline ambilnya di kecamatan, kalau yang online bisa di ambil di Disdukcapil,” katanya. (Humpro:fla-SZ)