25 radar bogor

Menhub Paksa Garuda Cs Turunkan Harga Tiket

Garuda Indonesia
Garuda Indonesia
Garuda Indonesia Turunkan Harga Tiket
Garuda Indonesia

JAKARTA-RADAR BOGOR, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku bakal melakukan intervensi jika harga tiket Garuda Cs masih mahal. Menurutnya, intervensi harga tersebut dibolehkan dalam Undang-undang (UU).

“Ya lihat saja nanti, kita tetapkan, kan UU memberikan kewenangan kepada saya,” ujar Budi Karya seperti dikutip Senin (8/4).

Menhub Budi menegaskan masyarakat sebagai konsumen punya peran penting dalam keberlangsungan industri penerbangan. Pemerintah, selaku regulator juga telah membuat aturan dengan menetapkan tarif batas bawah (TBB) dan tarif batas atas (TBA).

“Karena ada TBB dan TBA ditetapkan batas atas, karena pada dasarnya masyarakat ada yang mampu di atas ada yang harga yang relatif murah,” tegasnya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemrnhub) telah menerbitkan dua aturan baru terkait tarif pesawat. Kedua aturan tersebut yaitu Peraturan Menteri Nomor PM 20 Tahun 2019 tentang Tata Cara dan Formulasi Perhitungan Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri dan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 72 Tahun 2019 Tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Kedua aturan tersebut merupakan pembaruan dari PM 14 Tahun 2016 Tentang Mekanisme Formulasi Perhitungan Dan Penetapan Tarif Batas Atas Dan Tarif Batas Bawah Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga berjadwal Dalam Negeri.

Usai diterbitkannya beleid tersebut, sejumlah maskapai mulai melakukan penyesuaian. Sebut saja Garuda Indonesia yang memberikan diskon tiket sebesar 50 persen. Sementara itu Lion Air juga menegaskan komitmennya untuk menurunkan tarif pesawat di semua rute.

Sayangnya, kebijakan itu belum cukup terasa hingga saat ini. Pantauan JawaPos.com di sejumlah agen penjualan tiket online, tarif pesawat masih mahal.

Di Traveloka misalnya, harga tiket termurah Jakarta-Bali pada 15 April 2019 adalah sebesar Rp 919 ribu dengan menggunakan maskapai Lion Air. Sementara itu,  Garuda menjualnya dengan harga Rp 1,95 juta. Bahkan, pembelian untuk awal Mei saja masih di sekitaran harga yang sama.

Sementara itu, di situs penjualan tiket online lainnya yakni Tiket.com, harga termurah tiket untuk penerbangan 15 April 2019 adalah sebesar Rp 919 ribu dengan menggunakan maskapai Lion Air. Sementara itu, Garuda menjualnya dengan harga Rp 1,95 juta. Perubahan harga juga tidak terjadi signifikan untuk penerbangan di awal Mei. (ded/JP)