25 radar bogor

Ini Dia Tiga Calon Sekda Kabupaten Bogor, Burhanudin Kandidat Paling Kuat

Tiga Calon Sekda Kabupaten Bogor (dari kiri) Burhanudin, Syarifah Sofiah dan Deni Ardiana.
Tiga Calon Sekda Kabupaten Bogor (dari kiri) Burhanudin, Syarifah Sofiah dan Deni Ardiana.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Setelah melakukan serangkaian tahapan seleksi calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, kini Bupati Bogor, Ade Yasin mengaku sudah mengantongin ketiga nama calon yang akan dipilihnya dalam waktu dekat.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menyebutkan ketiga calon yang sudah lolos tes karya ilmiah, diantaranya Burhanudin, Syarifah Sofiah dan Deni Ardiana.

Melihat dari ketiga nama tersebut, Burhanudin memiliki peluang paling besar untuk menduduki jabatan Aparatur Sipil Negara (ASN) tertinggi di Bumi Tegar Beriman.

Pasalnya, kini dia masih mendapuk Penjabat Sekda sekaligus Asisten Pemerintahan dan Kesra. Bahkan, secara kebetulan nama Burhanudin adalah yang pertama disebut dari mulut Ade.

“Burhanudin, Syarifah Sofiah dan Deni Ardiana,” kata Ade Yasin kepada wartawan, kemarin (8/4).

Ade berkilah, tiga orang tersebut sesuai dengan apa yang diusulkan menteri dalam negeri (mendagri) kepada bupati. “Ketiganya sudah baik, ketiganya pintar. Semua memiliki peluang yang sama,” kilah Ade Yasin.

Sementara itu, dari catatan yang ada, Burhanudin memiliki kans paling besar menduduki jabatan Aparatur Sipil Negara (ASN) tertinggi di Bumi Tegar Beriman. Terlebih saat ini dia tengah didapuk menjadi Penjabat Sekda sekaligus Asisten Pemerintahan (Aspem) dan Kesra.

Jika benar dipilih sebagai Sekda definitif, Ade Yasin hanya perlu mengukuhkan jabatan Burhanudin setelah mendapat persetujuan dari mendagri. Namun, menurut Ade Yasin ketiga calon tersebut merupakan pejabat terbaik yang direkomendasikan Kementerian Pendayahgunaan Aparatur Negara (Kemenpan) kepada dirinya setelah proses tes lelang jabatan dilakukan.

Kendati begitu, Ade tetap akan menggunakan hak prerogratif sebagai bupati untuk menentukan orang nomor tiga di Bumi Tegar Beriman sebagai suksesor Adang Suptandar.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bogor, Dadang Irfan berharap Sekda definitif bisa segera ditentukan pada 11 April mendatang.

“Semoga bisa cepat selesai, karena ini merupakan kebutuhan kita demi jalannya roda pemerintahan yang baik,” katanya.

Sekedar informasi, dari informasi yang didapat, Pemkab Bogor kabarnya akan segera menentukan sekda definitif pada 11 April 2019 mendatang. (wil/c)