25 radar bogor

Pencuri 19 Kambing yang Menyisakan Jeroan di Kandang Masih Buron, Polisi Kejar Pelaku

Kapolsek Jonggol, Kompol Nyoman sedang melakukan pemeriksaan keamanan di kandang ternak milik warga.

JONGGOL-RADAR BOGOR, Menindaklanjuti pencurian hewan ternak warga di Desa Sirnagalih, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Polsek Jonggol kini mulai memburu pelaku yang diketahui masih buron.

Geger! Pencurian 19 Kambing di Jonggol, Hanya Disisakan Jeroan di Kandang

Kapolsek Jonggol, Kompol Nyoman mengaku, saat ini polisi tengah memburu para maling ternak di wilayah hukumnya itu. Menurut dia, kasus ini bukanlah perkara mudah. Pasalnya, sang pelaku melakukan aksi mencurinya itu dengan sangat rapih.

“Memang tidak mudah. Karena kerja mereka (pencuri) tergolong rapih. Namun saya terus buru maling ternak di jonggol ini,” katanya kepada Radar Bogor, kemarin (4/4).

Untuk memudahkan pengusutan dan memperketat penjagaan, dia mengintruksikan Babinkamtibnas agar ikut melakukan patroli dan ronda bersama warga. “Kami lakukan siskamling juga untuk mempersempit ruang gerak maling ternak,” urai dia.

Sejak kejadian kemalingan itu, banyak warga yang was-was ternaknya di dalam kandang juga akan dicuri. Seperti yang diungkapkan oleh Sunandar (45), seorang peternak kambing asal Desa Sirnagalih.

“Iya was-was. Kami merawat ternak, mencari rumput untuk makan. Kalau hilang itu ya kesal dan sedih lah,” ungkap dia.

Agar tidak kecolongan, Sunandar kini lebih aktif menjaga ternaknya pada malam hari. Dia lebih memilih tidak tidur sampai benar-benar kepolisian berhasil menangkap pelaku. “Kami ronda malam. Sambil berharap bisa segera turut menangkap maling ternak,” tuturnya.

Seperti diketahui, peristiwa pencurian itu terjadi pada 1 April yang lalu. Sebanyak 19 kambing ternak milik warga Desa Sirnagalih berhasil digondol pada malam hari.

Diduga pelaku melakukan aksinya dengan menggunakan modus menggondol ternak dalam kondisi terbius, atau mengkuliti kambing di kandang dan menyisakan jeroan kambing ternak di kandang. (all/c)