25 radar bogor

Sempat Terkendala, Pemkab Kembali Anggarkan Pembebasan Lahan Jalan Bomang

Warga melintas di Jalan Bomang yang pembangunannya mandek hingga kini. Hendi/Radar Bogor

CIBINONG-RADAR BOGOR, Sempat terkendala pembebasan lahan, tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor kembali menganggarkan Rp23 miliar untuk pembebasan pembangunan Jalan Bojonggede-Kemang (Bomang). Dana sebesar Rp23 miliar itu berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2019.

Sekretaris Dinas PUPR, Anwar Anggana, tahun ini ada empat bidang yang akan diselesaikan. Dengan demikian, seluruh pembebasan lahan Bomang selesai. “Rp23 miliar itu untuk empat bidang tanah tadi,” urainya.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jalan dan Jembatan Wilayah I Cibinong Agus Sukwanto mengatakan, jalan yang sebagian sudah dibangun merupakan pengerjaan tahap satu yang sudah selesai.

Sedangkan dana yang digunakan sebesar Rp67,9 miliar berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2016.

“Kalau pembebasan lahan sudah selesai, semua pasti akan dibeton semua. Nyambung terus ke Jalan Tegar Beriman dan Kemang,” terangnya.

Terpisah, soal gugatan pembebasan lahan, Kepala Dinas PUPR, Yani Hasan menanggapinya dengan santai. “Kalau misalnya dia tidak terima, harus begini-begini, macam-macam. Pemkab sendiri sudah siap untuk pembebasan lahan,” tandasnya. (wil/c)