25 radar bogor

Diduga Cemari Lingkungan, Bupati Soroti Galian Tambang PT BCMG

Aktivitas galian tambang milik PT. BCMG Tani Berkah di Kampung Cihideung. Desa Banyuwangi, Kecamatan Cigudeg, kemarin. Hendi Novian/Radar Bogor

CIGUDEG-RADAR BOGOR, Pasca sidak terhadap pencemaran lingkungan oleh Dinas Lingkungan (DLH) Kabupaten Bogor di PT BCMG Tani Berkah, Bupati Bogor Ade Yasin bakal melakukan pemantauan kembali terhadap aktivitas tambang yang berlokasi di Desa Banyuwangi, Kecamatan Cigudeg itu.

Menanggapi hal ini, Bupati Bogor Ade Yasin menjelaskan, pihaknya akan berkoordinasi dengan intansi terkait untuk segera melakukan pengecekan kembali terhadap aktivitas tambang di wilayah Cigudeg.

“Secepatnya akan dilakukan pengecekan. Nantinya bakal kordinasi dengan pihak terkait supaya lebih fokus,” ujar Ade kepada Radar Bogor.

Sementara Camat Cigudeg Acep Sajidin menuturkan, pantauan terhadap PT BCMG Tani Berkah terus dilakukan. Yang diduga sebagian besar pekerjanya berasal dari Tiongkok.

Acep juga menambahkan, jika menerima laporan terkait keberadaan TKA ilegal di Cigudeg, pihaknya tak segan-segan bakal menindak tegas. Dan akan berkordinasi dengan kantor imigrasi.

“Masalahnya memang ada pada tenaga kerjanya. Kalau izin tambang lengkap,” tukasnya.

Sekedar diketahui, aktivitas pertambangan milik PT BCMG Tani Berkah pernah disambangi Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kantor Imigrasi Kelas 1 Bogor pada 2017 lalu.

Musababnya, terdapat tenaga kerja asing (TKA) Tiongkok tanpa kelengkapan identitas jelas. (nal/c)