25 radar bogor

Soal UNBK Diduga Bocor, Begini Tanggapan Kemendikbud

TELITI: Siswa SMKN 1 Bogor harus mengerjakan satu per satu soal UNBK yang diujikan, kemarin (3/4).

JAKARTA-RADAR BOGOR,Publik dihebohkan dengan kabar bocornya soal UNBK tingkat SMA di hari kedua pelaksanaannya, Selasa (2/4/2019).

Menanggapi hal tersebut, Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kemendikbud Moch. Abduh menegaskan, bocornya soal tersebut menunjukkan kelalaian pengawas ruang ujian.

Peran pengawas semestinya memastikan tidak ada yang membawa handphone maupun alat elektronik lainnya ke dalam ruang ujian.

“Seharusnya gerak-gerik siswa selama ujian bisa terpantau,” tutur Abduh seperti dikutip Jawa Pos.

Pria asal Sidoarjo itu saat ini tengah menelusuri siapa siswa yang menyebarkan foto-foto soal UNBK melalui grup obrolan tersebut.

Sementara itu, Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Bambang Suryadi menilai peserta ujian telah berbuat tidak disiplin dan curang.

“Sudah diperingatkan, tapi tetap nekat,” cetusnya. Menurut dia, seharusnya dua pengawas dalam ruang ujian mampu mengawasi satu ruangan yang diisi sekitar 20 siswa.

Setidaknya ada 19 grup obrolan di aplikasi pesan instan LINE Square yang tersedia.

Masing-masing diberi nama mata pelajaran yang diujikan dalam ujian nasional. Grup ”Mapel UNBK SMA/K” memiliki anggota terbanyak, yakni 2.005 orang.

Ada oknum siswa yang memotret soal ujian matematika. Dia membawa handphone ke dalam ruang ujian.

Jepretan itu lantas diunggah dalam grup percakapan tersebut. Tujuannya, meminta bantuan anggota grup yang lain untuk menjawab soal tersebut.

Tindakan membocorkan soal tersebut dilakukan oknum siswa yang ikut ujian sesi satu dan dua. Nah, jawaban atas soal itu lantas di-posting juga di grup. Hal tersebut tentu menguntungkan siswa yang mengikuti ujian di sesi dua dan tiga. (JPG)