25 radar bogor

Mal Pelayanan Publik Beroperasi Juli, 145 Pelayanan Jadi Satu Pintu

Peresmian pembangunan Mal Pelayanan Publik di Kota Bogor.

BOGOR – RADAR BOGOR,  Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Bogor rencananya akan mulai beroperasi Juli 2019, di lantai bawah Lippo Plaza Keboen Raya Bogor. Di mal tersebut menempatkan 145 layanan publik pada satu pintu.

Nantinya masing-masing layanan yang terdiri dari 13 instansi dan lembaga itu, akan lebih memudahkan dari segi waktu, pembiayaan, koordinasi dan sebagainya.

Kabid Promosi, Penanaman Modal, dan Sistem Informasi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bogor, Aditia B Karana mengatakan, dengan adanya MPP tentu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam satu tempat.

Menurutnya, agar memudahkan masyarakat untuk mengurus segala macam keperluan yang dibutuhkan. “Di sana berbasis online, mulai dari pendaftaran bisa online di rumah atau di manapun,” kata dia.

Nantinya, Kata Aditia, di gedung tersebut akan ada 17 pelayanan yang diselenggarakan oleh MPP dengan 145 jenis layanan, yang sifatnya perpanjangan dari beberapa instansi yang sudah ada agar bisa meningkatkan pelayanan lebih optimal pada masyarakat.

Saat ini, pihaknya tengah membangun dari sisi aplikasi MPP guna memudahkan masyarakat. Ia berharap, semoga di April nanti aplikasi sudah bisa di uji coba. Sehingga sistemnya akan masuk ke sistem aplikasi MPP untuk pengambilan nomor antrian.

Dia menjelaskan, nantinya di aplikasi tersebut, nantinya warga akan langsung diarahkan pukul berapa bisa datang, dan untuk mengetahui kapan warga bisa masuk ke loket.

“Ketika warga sampai di tempat nanti, bisa dijelaskan atau bisa terinci penjelasan langsung di tempat. Datang harus jam berapa, dan ada batasan pendaftarannya juga. Seperti misal Imigrasi dibatasi hanya 100 pendaftaran setiap hari. Layanan ini dibuka setiap hari, maka kami batasi di proses pendaftaran,” terangnya.

Sementara, Kepala Sub Kedeputian Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB, Samuel mengatakan, MPP ingin mewujudkan satu tempat pelayanan secara terpadu untuk memudahkan warga dalam menerima layanan publik. Menurutnya, di beberapa negara maju, kegiatan seperti MPP ini sudah berjalan dan memudahkan sekali warganya dalam layanan publik.

“Hadirnya MPP bertujuan memberi kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan dan kenyamanan pelayanan publik. Di samping untuk terus meningkatkan daya saing global,” pungkasnya.(rp3/c)