25 radar bogor

Kasihan! Ada Tumor di Mata Kanan Bocah 3 Tahun Warga Parungpanjang Ini

Al-Zabbar, bocah 3 tahun warga Parungpanjang menderita penyakit tumor di bagian mata sebelah kanan.
Al-Zabbar, bocah 3 tahun warga Parungpanjang menderita penyakit tumor di bagian mata sebelah kanan.

PARUNGPANJANG – RADAR BOGOR, Sungguh malang nasib seorang bocah laki-laki bernama Al-Zabbar. Bocah berusia tiga tahun itu, terindikasi penyakit tumor di bagian mata sebelah kanan. Kini Al-Zabar harus menjalani pengobatan intensif di Rumah Sakit Cipto Mangunkusomo (RSCM) Jakarta Pusat (Jakpus).

Al-Zabbar merupakan anak dari pasangan suami istri Hendra (51) dengan Jumani (50) warga Kampung, Sangereng RT 001/008 Desa Lumpang, Kecamatan Parungpanjang. Melihat kondisi tumor yang dideritanya, anak buruh pabrik itu harus segera dioperasi.

“Infornasinya penyakit tumor, sekarang sudah di bawa ke RS wilayah Tangerang, didampingi kader desa dan sudah dibuatkan kartu jaminan kesehatan yaitu, BPJS mandiri ditanggung oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Lumpang,” kata Kepala Desa Lumpang M. Rodis Faisal kepada Metropolitan ketika di hubungi melalui pesan whatsap, Jumat (29/03/2019).

Caning sapaan akrabnya, mengatakan, dirinya baru mengetahui Al-Zabbar anak dari buruh pabrik yang terindikasi penyakit tumor dari satu bulan yang lalu, “Terdeteksinya baru satu bulanan, sejak 27 Februari 2019,” ungkapnya.

Caning menjelaskan, kemudian Al-Zabbar dibawa untuk mendapatkan pengobatan ke RS Pandeglang Banten pada 27 Febuari 2019, lalu didampingi petugas siaga Pemdes Lumpang.

“Sudah berobat ke RS Pandeglang didampingi pak Uman Siaga Desa Lumpang kemudian ke RS Tangerang, dan informasi terahir Kamis (28/3/2019), ke RSCM Jakpus dengan didampingi kader ikatan pekerja sosial masyarakat (IPSM) yang bertugas di wilayah Desa Lumpang,” katanya.

Dokter Puskesmas Parungpanjang dr Merri membenarkan pasien bernama Al-Zabbar menderita sakit tumor di bagian mata sebelah kanan, dan pasien sudah di rujuk ke RSCM Jakpus.

“Dari keterangan bidan Puskesmas Parungpanjang bertugas di Desa Lumpang, sudah dibuatkan rujukkan dan hari ini, pasien sudah di RSCM. Sebelumnya, pasien berobat pakai umum, karenan BPJS-nya belum jadi,” katanya.

Merri menambahkan, pasien ketahuan penyakit pada matanya makin membesar, kurang lebih sejak 2-3 bulan yang lalu kata orang tuanya. Dan pasien sudah pernah berobat ke RS mata yang di Cikokol kota Tangerang, dan sekarang di rujuk ke RSCM, pungkasnya. (sir)