25 radar bogor

Proyek Jalan Bomang Mandek, Pemdes Jampang Minta Kejelasan Pemkab

Warga melintas di Jalan Bomang yang pembangunannya mandek hingga kini. Hendi/Radar Bogor

KEMANG-RADAR BOGOR, Pemdes Jampang minta kejelasan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor terkait rencana pembangunan jalan Bojonggede-Kemang (Bomang) yang sampai saat ini belum ada kelanjutannya.

Proyek pembangunan Jalan Bojonggede-Kemang (Bomang) hingga kini mandek dan belum kembali dilanjutkan. Persoalan pembebasan lahan di jalur sepanjang delapan kilometer masih menjadi kendala.

Padahal, alokasi dana Rp23 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun ini untuk pembebasan lahan di proyek tersebut.

Kepala Desa Jampang Wawan Hermawan menjelaskan, untuk pembebasan lahan di wilayahnya sudah bebas semua sejak 2014, tinggal action pembangunan saja.

“Justru kami dari pemdes mengharapkan segera dibangun jalan tersebut karena akses jalan penting untuk pemda, terutama ke rumah sakit. Selama ini, masyarakat kami kebanyakan ke RSUD Kota Bogor,” jelasnya.

Ia juga mengaku, total lahan kurang lebih 4 hektar kebanyakan lahan kosong ada sebagian perumahan lahan penduduk kurang lebih 20 kepala keluarga (KK). Bahkan, Berdasarkan informasi untuk pembangunan di 2020 belum ada kelanjutannya.

“Memang semuanya sudah beres, perataan sudah tapi betonisasi belum ada sampai saat ini. Yang jelas, pemdes berharap segera dibangun kembali supaya akses Bomang menjadi alternatif warga menuju pemkab,” imbuhnya.

Menanggapi hal ini Bupati Bogor Ade Yasin yang mengatakan bahwa, kelanjutan proyek Bomang terkendala persoalan pembebasan lahan milik warga di beberapa titik rencana pekerjaa soal harga yang diinginkan

“Ada beberapa warga yang masih bertahan dengan harganya sendiri. Makanya yang ada dikerjakan dulu, sambil menyelesaikan pembebasan lahan yang lain,” elasnya

Ia juga mengaku, agar persoalan tersebut tidak menjadi batu sandungan untuk merealisasikan kelanjutan proyek Bomang. Sehingga, proses kelanjutan pembangunan bisa terealisasi pada 2019, meskipun belum tuntas secara keseluruhan.

“Bangun dulu dari yang sudah ada. Yang bisa dibangun dulu, seperti memperlebar jalan yang sudah ada yang masih sempit. Intinya saya ingin tahun ini harus ada realisasi, walaupun belum semua,” harapnya. (nal/c)