25 radar bogor

Wisata Sambil Belajar, Berikut Museum-Museum Unik di Kota Bogor

TEMPAT wisata di Kota Bogor saat ini cukup beragam. Tak hanya Kebun Raya, Kota Bogor juga punya sederet museum unik yang koleksinya jarang dimiliki daerah lain.

Lokasinya relatif tak jauh dari KRB dan Istana Bogor. Jadi bisa menjelajahinya dengan berjalan kaki maupun naik angkot. Berikut museum unik di Bogor, yang mungkin belum pernah Anda kunjungi.

1. Museum Tanah

Museum yang terletak di Jalan Ir. H Juanda No 98 ini berada di sisi jalan raya, tak jauh dari seberang pintu utama KRB.

Museum ini tidak banyak diketahui orang dan juga tidak seramai wisata di depannya yaitu Kebun Raya Bogor.

Museum Tanah sejarah awalnya adalah sebuah laboratorium penelitian tanah. Namun sejak 5 Desember 2017 berubah menjadi Museum Tanah yang diresmikan langsung oleh Menteri Pertanian H Andi Amran Sulaiman.

https://youtu.be/bQKradkj2oQ

Museum ini menampilkan jenis-jenis tanah serta batuan dan pasir yang mungkin tidak diketahui oleh kebanyakan orang. Selain jenis tanah, museum menyimpan berbagai peralatan yang digunakan untuk meneliti tanah dan bebatuan.

Museum milik pemerintah ini tidak memiliki prosedur seperti kebanyakan museum lainnya dan tidak mematok harga tiket. Anda pun bisa datang saat jam kerja yaitu Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB, sedangkan Sabtu, Minggu dan hari besar tutup.

2. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (Munasain)

Munasain yang merupakan perkembangan dari Etnobotani ini, baru diresmikan Agustus 2016. Lokasi berada di Jalan Juanda no 22-24, Bogor.

Di dalam museum modern ini Anda bisa melihat kerjasama manusia dengan alam yang telah ada sejak dulu. Ada penggunaan tanaman-tanaman untuk peranan kehidupan suku-suku bangsa di Indonesia terdahulu.

Anda bisa berkunjung di hari kerja mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Sementara pada akhir pekan mulai 08.00-14.00 WIB. Harga tiket untuk masuk ke museum dengan dua lantai ini Rp 5.000 per orang.

3. Museum Perjuangan Bogor

Berlokasi di Jalan Merdeka nomor 56, terlihat bangunan dua lantai dengan relief-relief perjuangan di dinding depannya.

Di museum ini terpajang saksi bisu perjuangan laskar rakyat Bogor yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Beragam senjata asli, rakitan, hingga rampasan perang dari Jepang-Inggris-Belanda ada di Museum Perjuangan Bogor.

Selain itu juga lengkap dengan diorama perjuangan dan koleksi pakaian pejuang yang sebagian diantaranya memiliki noda darah asli.

4. Museum Zoologi

Museum Zoologi berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda nomer 9 Bogor. Wisatawan bisa melihat dan mempelajari koleksi flora dan fauna purba yang amat lengkap di sini. Dari koleksi flora dan fauna yang paling besar, yang sudah punah, juga yang langka dari darat laut dan udara.

Museum yang memiliki nama lawas, Zoologicum Bogoriensis ini menyatu dengan Kebun Raya Bogor (KRB). Dengan membayar tiket KRB Rp 15.000, Anda sudah bisa masuk museum ini.

5. Museum Pembela Tanah Air (Peta)

Berlokasi tepat di Jalan Jendral Sudirman nomor 35 Bogor, museum ini menampilkan koleksi-koleksi yang bisa menggugah semangat bela negara. Itu karena lokasinya yang berada di kawasan militer Pusat Pendidikan Zeni dan juga aneka koleksinya.

Sesuai namanya, museum ini menceritakan pembentukan Peta sampai mencapai kemerdekaan Indonesia. Museum ini memiliki koleksi senjata tentara Peta. Adapun di zaman penjajahan memang tempat ini jadi pusat pendidikan Peta.

Museum ini hanya buka di hari dan jam kerja, yaitu Senin-Sabtu, pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. (ysp)