25 radar bogor

Uji Kelayakan Tak Berubah, Lokasi Pembangunan RSUD Kabupaten Bogor Utara Bergeser

Pembangunan RSUD Utara
Inilah lokasi PSU yang rencananya digunakan sebagai tempat dibangunnya RSUD di wilayah Utara.

PARUNG-RADAR BOGOR, Rencana pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di utara Kabupaten Bogor, tidak mengubah uji kelayakan atau feasibility study (FS) yang telah dibuat. Dekatnya jarak pergeseran menjadi alasan dimana FS tetap menggunakan yang pertama.

Bupati Bogor, Ade Yasin sempat minta dilakukan kajian ulang terkait pembangunan RSUD utara. Sebab, lokasinya sedikit bergeser 20 meter ke belakang meski tetap berada di Kampung Cogreg, Desa Cogreg, Kecamatan Parung.

“Dibangunnya rumah sakit untuk menjangkau pelayanan yang optimal kepada masyarakat karena jarak yang terlalu jauh,” ujarnya.

Sejauh ini, Kabupaten Bogor sudah memiliki empat rumah sakit. Yakni RSUD Leuwiliang, RSUD Ciawi, RSUD CIleungsi dan RSUD Cibinong.

“Lokasi tetap di Cogreg, tidak berubah. Hanya pintu masuknya saja yang digeser, jadi tidak perlu membuat FS baru,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, dr. Tri Wahyu Harini kepada Radar Bogor, Rabu (13/3/2019).

Ia juga mengatakan, digesernya pintu masuk RSUD utara setelah adanya pengembang perumahan dari PT Kurnia yang menghibahkan tanahnya seluas tiga hektare.

“Kami tinggal menunggu proses hibahnya saja. Kalau itu sudah resmi, baru akan buatkan detail engineering design (DED),” ucapnya.

Yayuk-sapaan karibnya-menambahkan, untuk luas yang dihibahkan sudah cukup ideal untuk pembangunan rumah sakit dengan konsep bangunan menjulang ke atas.

“Jadi kita tinggal tunggu saja hibahnya. Dan DED akan kita buat di tahun 2020 sesuai rencana,” tutupnya. (nal/c)