25 radar bogor

Sebut Parkir Elektronik Berhasil, Dishub Kota Bogor Perluas Area Penerapan

BOGOR-RADAR BOGOR, Terminal Parkir Elektronik (TPE) yang telah diberlakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor di Jalan Suryakencana dan Otto Iskandardinata (Otista) beberapa bulan lalu diklaim berhasil.

Alhasil, Dishub berencana memperluas area penerapan TPE di Jalan Pengadilan dan Sawojajar pada tahun 2020 nanti.

Kepala Bidang (Kabid) Sarana dan Prasarana Dishub Kota Bogor, Dody Wahyudin mengatakan, terdapat respon yang positif setiap bulannya sejak diberlakukan. Hal itu terpantau melalui aplikasi berbasis online yang dapat melihat retribusi pemasukan.

“Ada sinyalemen yang positif. Sudah ada kenaikan yang signifikan pada pendapatan di bulan Januari 2019 sebesar Rp 113 juta dan bulan Februari sebesar Rp 121 juta,” kata Dody saat ditemui, Rabu (13/03/2019) siang.

Dampak kenaikan dan sinyalemen tersebut, sambung Dody tidak menutup kemungkinan untuk memperluas area penerapan TPE di Kota Bogor. Namun demikian, perluasan penerapan TPE tersebut perlu dikaji lebih dalam.

“Untuk penambahan kita sudah merencanakan di tahun 2020 nanti. Karena untuk tahun ini kita masih lihat dampaknya untuk di evaluasi,” katanya.

Menurut Dody, rencana penerapan TPE di ruas Jalan Pengadilan dan Sawojajar perlu melalui kajian komprehensif.

“Tahapan kajian yang perlu dilakukan mulai dari beberapa faktor, diantaranya mengkaji ruas jalan Pengadilan dan Sawojajar. Itu pun kita masih menunggu hasil analisa dan evaluasi kajian secara teknis terkait dengan kapasitas jalan, durasi parkir dan pola bangkitan lalu lintas,” kata dia. (Alif-SZ)