25 radar bogor

RS Marzoeki Mahdi Siapkan Kamar VIP untuk Caleg Depresi

Ruangan VIP untuk Caleg stress di RS Marzuki Mahdi
Ruangan VIP untuk Caleg stress di RS Marzoeki Mahdi

BOGOR–RADAR BOGOR,Persiapan Pemilihan Umum (Pemilu), tak hanya dilakukan penyelenggara. Rumah Sakit Jiwa bahkan menerima tambahan pasien, terutama para calon anggota legislatif (Caleg) yang gagal lolos ke parlemen.

Untuk kenyamanan, Rumah Sakit Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor menyediakan 20 kamar very important person (VIP).

Direktur Utama RSMM, Bambang Eko Sunaryanto mengungkapkan, secara spesifikasi tak berbeda dengan ruang rawat jalan pada umumnya, hanya disesuaikan dengan diagnosis.

Ia menambahkan, sebagai rumah sakit pemerintah bertugas menyiapkan pelayanan untuk masyarakat tanpa mengistimewakan satu dengan yang lainnya.

“Persiapan ruangan seperti yang kemarin–kemarin sama saja, ada ruang VIP, kelas 1, 2 dan 3,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin.

Lebih lanjut ia mengatakan, ruangan tersebut bisa bertambah lagi sesuai dengan kebutuhan terutama, jumlah pasien. Untuk tenaga medis, kata dia, ada delapan orang psikiater dibantu tim penunjang yang lain.

Menurut dia, gangguan jiwa terbagi berbagai macam sehingga, pihak rumah sakit harus menyesuaikan terutama caleg. Selain itu, ada hal lainnya yang menjadi pertimbangan perawatan yakni gangguan jiwa berat dan ringan.

Menghadapi masa kampanye yang panjang, memang membuat para caleg harus merogoh kantong lebih dalam. Tak hanya itu, Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Dadi Sulsel juga menyiapkan kamar VIP mirip hotel untuk caleg yang mengalami depresi.

“Kami sudah kasih tahu teman-teman semua, kalau rangka pileg begini, wajarlah ada orang yang mungkin mengalami depresi,” kata Direktur Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Dadi Sulsel, Arman Bausat.

Ia memperkirakan, pasien berlabel caleg akan ramai seminggu setelah pencoblosan. “Gejalanya, diam dulu. Jadi kalau ada orang datang, kami siap melayani,” ucapnya. (dka/net/c)