25 radar bogor

Ratusan Pelaku UMKM Dilatih Kreatif dan Berinovasi

BOGOR-RADAR BOGOR, Ratusan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mengikuti kegiatan pelatihan dan seminar di ruang Paseban Sri Baduga, Balai Kota Bogor, Selasa (12/03/2019) pagi. Kegiatan tersebut dilakukan guna meningkatkan daya saing para pelaku UMKM agar lebih kreatif dan berinovasi.

Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Anas Rasmana dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Sahlan Rasyidi turut menghadiri kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan itu, Deputi Brand Manager Indomaret Wahyudi dan Brand Manager PT Forisa Ririn hadir sebagai pembicara.

Wakil Wali Kota Bogor, Usmar Hariman mengapresiasi kegiatan yang digagas Indomaret dan PT Forisa tersebut. Menurutnya kegiatan itu sangat perlu dilakukan guna meningkatkan pengetahuan bagi para pelaku UMKM di Kota Bogor.

“Alhamdulilah kegiatan Indomaret yang berkolaborasi dengan stakeholder ini untuk melakukan pembinaan bagi UMKM di Kota Bogor bisa berjalan rutin setiap tahunnya. Dari target 150 pelaku usaha yang diundang, ternyata lebih dari target,” ungkap Usmar.

Usmar berharap kegiatan seminar ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi para pelaku industri kecil di Kota Bogor ini. Terlebih, di era pesatnya perkembangan teknologi digital saat ini.

“Bahwa di era digital ini aspek-aspek lain seperti marketing harus dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku UMKM ini,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi UMKM Kota Bogor, Anas Rasmana mengatakan, perlu adanya kolaborasi antara UMKM dengan retail. Tentunya UMKM juga harus terdaftar sebagai industri usaha yang legal.

“Tujuan dilakukan kegiatan ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta bersinergi dengan pengusaha retail. Kali ini pihak retail menyumbangkan sejumlah gerobak untuk para pelaku UMKM di Kota Bogor,” katanya. (Alif/Ismet/Magang:Wenny/Uus-SZ)