25 radar bogor

Cerita Penumpang KRL yang Terguling di Kebon Pedes, Diawali Mati Lampu Lalu Oleng

BOGOR-RADAR BOGOR, Pengguna KRL KA 1722 dilanda kepanikan saat tiba-tiba gerbong oleng lalu keluar rel dan tertimpa tiang listrik, Minggu (10/3/2019).

Tiga di antara delapan gerbong dalam rangkaian KRL tersebut anjlok dan terguling.

Insiden itu terjadi dalam perjalanan menuju Cilebut setelah kereta melewati Warung Jambu. Tepatnya di dekat pintu lintasan kereta Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor. Jarak dari lokasi kejadian hingga Stasiun Bogor sekitar 4,7 km.

Angkut Penumpang ke Stasiun Cilebut-Bojong Gede, Polresta Kerahkan Dua Bus Satu Truk

Hingga pukul 22.30 tadi malam, dua di antara tiga gerbong yang anjlok sudah berhasil diangkat ke rel. Evakuasi satu gerbong lagi terhambat kabel dari tiang listrik yang menimpa gerbong. Sementara itu, lima gerbong yang tidak terguling telah selesai ditarik ke Stasiun Cilebut.

Lili Septiani, seorang penumpang KRL yang nahas itu, menuturkan, anjloknya kereta begitu cepat.

Suasana evakuasi KRL anjlok di Kebon Pedes, Minggu (10/3/2019) malam.

”Enggak ada peringatan apa-apa. Tiba-tiba, kereta langsung terguling. Ketika itu semua orang merosot ke bawah. Saling tumpuk,” katanya.

Saat kejadian, Lili berada di gerbong paling depan. Berdekatan dengan masinis. Ada tiga gerbong yang terguling. Gerbong pertama, kedua, dan ketiga.

Sebelum kereta terguling, warga Tangerang yang bekerja di Bogor itu awalnya berada di gerbong wanita bagian belakang.

Bogor-Jakarta Masih Satu Jalur, Stasiun Bogor Sepi Penumpang

Lili memilih pindah ke gerbong wanita paling depan ketika kereta berhenti sementara di Stasiun Cilebut. Mayoritas penumpang melakukan itu agar tidak berjalan jauh ketika tiba di Stasiun Bogor.

”Sebelum anjlok, memang ada bunyi keras. Lalu, tiba-tiba lampu padam. Gerbong kereta kemudian miring ke kiri,” imbuhnya.

Dia kebetulan duduk di sisi kanan kereta. Lantaran tidak bisa menjaga keseimbangan, Lili dan penumpang di sebelahnya limbung dan terjatuh ke sisi kiri kereta. (jpg)