25 radar bogor

Turunkan Angka Kecelakaan di Jalan Tol, Kemenhub Bentuk Tim Pokja

Tangkapan layar kecelakaan di Tol Cipularang

JAKARTA-RADAR BOGOR, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat bersama dengan stakeholdernya akan segera membentuk tim POKJA.

Tim ini untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas serta memperbaiki kualitas keselamatan berkendara di jalan tol.

“Tugas utama dari tim ini adalah melakukan evaluasi dan mapping data kecelakaan, faktor penyebab kecelakaan dan juga daerah rawan kecelakaan, sehingga harapannya tim terpadu ini bisa bekerja sama untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan tol,” ujar Direktur Angkutan Jalan Ahmad Yani.

Setelah itu pihaknya akan melakukan sosialisasi di rest area seluruh jalan tol Indonesia secara simultan dengan melibatkan Kakorlantas, Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kepala Badan pengatur Jalan Tol (BPJT), Direktur Jenderal Binamarga, dan juga Direktur Utama PT Jasamarga.

“Jalan tol akan segera dilengkapi dengan CCTV sebagai pemantau kecepatan kendaraan sebagai salah satu cara untuk memetakan blackspot. Kemudian, akan ada juga pemasangan rambu batas kecepatan, rumble strip, marka profil dan pemasangan papan peringatan neonbox serta warning light,” jelas dia.(chi/jpnn)