25 radar bogor

Evakuasi KRL Masih Berlangsung, Menhub Pastikan Senin Kembali Normal

Menhub Budi Karya saat meninjau lokasi tergulingnya KRL di Kebon Pedes Bogor, Minggu (10/3/2019).

BOGOR – RADAR BOGOR, Anjloknya KA 1722 relasi Bogor – Jatinegara mendapat perhatian Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Beberapa jam pasca kejadian, dia langsung mendatangi lokasi.

Korban KRL Terguling di Kebon Pedes Bertambah, 17 Luka-luka

Budi mengaku prihatin atas kejadian tersebut. Atas nama pribadi dan kelembagaan dia memohon maaf kepada masyarakat atas layanan transportasi yang terganggu.

“Saya atas nama pribadi dan kelembagaan meminta maaf kepada masyarakat atas kekurangan layanan pada hari ini,” ujarnya kepada awak media di lokasi kejadian.

Evakuasi KRL Anjlok Diupayakan Hari Ini, PT KAI : Tunggu Crane dari Bandung

Dia mengungkapkan telah mengkoordinasikan PT KAI untuk segera melakukan evakuasi. Namun memerlukan waktu sekitar tiga atau empat jam karena menunggu crane dari Bandung untuk mengevakuasi gerbong yang terguling.

“Crane yang paling dekat dari Bandung, itu sedang dalam perjalanan, hari ini insyaallah ini bisa di recovery,” tuturnya.

Dengan demikian, direncanakan Senin (11/3/2019) KRL dari Bogor akan beroperasi kembali. Karena selain mengevakuasi gerbing kereta, beberapa jaringan yang terdampak juga perlu dilakukan perbaikan.

“Insyaallah besok sudah bisa beroperasi kembali karena upaya yang dilakukan saat ini memperbaiki jaringan dan mengangkat dua gerbong yang terguling,” katanya.

Penyebab anjloknya kereta Budi juga belum mengetahuinya. Sebab harus menunggu proses evakuasi selesai agar bisa dilakukan klarifikasi.

Dia juga mengimbau agar masyarakat terutama yang dari dan akan ke Bogor untuk sementara waktu tidak menggunakannya moda transportasi KRL.

“Untuk hari ini saya himbau masyarakat tidak menggunakan KRL dari atau akan ke Bogor. Tapi besok insyaallah KRL sudah berfungsi, paling tidak satu sisi. Jadi yang dari Bogor ke Jakarta insyaallah sudah bisa dilayani,” pungkasnya. (gal)