25 radar bogor

Tahap Pengecoran, Perbaikan Jalur Lingkar Utara Tinggal Dua Desa Lagi

Pekerjaan perbaikan Jalur Lingkar Utara (JLU)
Pekerjaan perbaikan Jalur Lingkar Utara (JLU)

MEGAMENDUNG-RADAR BOGOR, Proses pengerjaan Jalur Lingkar Utara (JLU) menggunakan dana bantuan keuangan (Bankeu) yang disalurkan langsung ke empat desa masih dalam tahap pengecoran.

Camat Megamendung, Hadijana mengatakan, pengecoran jalan mulai dari Desa Cipayung hingga perbatasan Cipayung Girang diperkirakan tiga hari lagi selesai.

“Karena kondisinya kan Cipayung dulu nih, Cipayung Girang masih ada PTP juga berapa meter lagi. Jadi ngecor itu ke arah Pasir Angin. Jadi tinggal dia desa lagi, Pasir Angin hingga Megamendung,” ungkapnya.

Menjadi tanggungjawab dan kewenangan desa atas pengerjaan dan dana yang telah diserahkan melalui Bankeu. Ia menegaskan pada para kepala desa agar fokus terhadap kualitas jalan.

“Fokuskan kualitas dan tertib administrasi. Dimulai dari proposal perencanan dan segalanya. Mulai dari dana turun, pendataan juga dilakukan terkait dengan pengeluaran dan lain-lainnya,” tegas Hadijana.

Sebelumnya, dana JLU sendiri sudah masuk dalam APBDes. Pekerjaan JLU sendiri sudah dilakukan sejak awal tahun 2019. Dirinya mengatkan, pekerjaan JLU pada masing-masing desa mendapatkan nominal berbeda.

Untuk Desa Cipayung memiliki Rp 2 miliar, Pasir Angin Rp 1,8 miliar, Cipayung Girang Rp 2 miliar. Sedangkan, dikarenakan pekerjaan yang paling sedikit, Bankeu JLU di Desa Megamendung hanya berkisar Rp 200 juta. “Untuk yang nominal besar itu karena ada pekerjaan TPT dan selokan di desanya,” katanya.

Hadijana menjelaskan, untuk volume jalan pada masing-masing desa juga berbeda. Dari keempat desa, JLU memiliki lebar 4 sampai 5 meter.

“Yang paling kecil itu di Cipayung dan Cipayung girang. Karena disitu banyak pemukiman warga dan harus dibebaskan,” ungkapnya. (drk/c)

Pekerjaan Jalur Lingkar Utara:

Sumber Anggaran :

– Bantuan Keuangan (Bankeu) : Rp 6 Miliar

Diberikan ke Empat Desa

– Desa Cipayung : Rp 2 Miliar

– Desa Cipayung Girang : Rp 2 Miliar

– Desa Pasir Angin : Rp 1,8 Miliar

– Desa Megamendung : Rp 200 Juta

Progres Pekerjaan

Pengecoran :

– Desa Cipayung : Selesai

– Desa Cipayung Girang : Selesai

Lebar JLU Empat Desa

– 4 – 5 Meter